Kandri, Desa Wisata di Kota Semarang Raih Nominasi Terbaik Jateng 2022 - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Kandri, Desa Wisata di Kota Semarang Raih Nominasi Terbaik Jateng 2022 – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi Kampung Wisata Kandri di Kota Semarang. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng) mengumumkan nominasi 10 Desa Wisata Terbaik untuk masuk dalam predikat Desa Wisata Jateng 2022. Salah satu dari 10 desa tersebut adalah Desa Kandri di kota tersebut. Semarang.

kalap jadesta.kemenparekraf.go.id, Senin (21/11/2022), Kampung Wusata Kandri terletak di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Desa ini telah ditetapkan sebagai desa wisata berbasis wisata alam dan wisata budaya berdasarkan Surat Keputusan Walikota Semarang No. 556/407 tanggal 21 Desember 2012.

Iklan Daihatsu Rocky Mobil Harga Rp 200 Jutaan Hanya Rp 99.000

Desa Wisata Kandri memiliki sejumlah potensi alam yang dapat menjadi magnet bagi wisatawan. Salah satunya adalah objek wisata Gua Kreo yang terletak di sebuah pulau kecil di tengah Waduk Jatibarang.

Gua Kreo dihuni oleh ratusan kera jinak berekor panjang. Selain Gua Kreo, di Desa Wisata Kandri Kota Semarang juga terdapat potensi wisata buatan berupa Waduk Jatibarang yang dilengkapi dengan perahu ekskursi, Plaza Kandri, hingga tempat pemancingan.

Desa Kandri juga memiliki potensi wisata lain berupa ekowisata dan eduwisata untuk segala usia. Selain itu, banyak juga sarana dan prasarana pendukung lainnya yang ada di desa ini seperti: Keluarga tamu, Orchard, Omah Alas Art Gallery, Kereta Wisata, perkemahan, sungai tubing, sampai ke lokasi keluar.

Baca Juga: Nominasi 10 Desa Wisata Terbaik di Jateng 2022, Dua dari Soloraya

Selain potensi alam, Desa Wisata Kandri Kota Semarang yang masuk dalam nominasi predikat pariwisata Jawa Tengah (Jawa Tengah) 2022 sebagai desa wisata terbaik juga memiliki potensi seni dan budaya yang tak kalah menarik. Potensi seni dan budaya ini diwujudkan dalam kegiatan tahunan seperti Karnaval Budaya Rewanda Sesaji, Mahakarya Legenda Gua Kreo, Desa Nyadran, Kubur Nyadran, Kali Nyadran, Barikan dan Waduk Sedekah.

Sementara itu, berdasarkan situs visitjawateng.jatengprov.go.id, Terdapat 27 desa wisata di Jawa Tengah yang telah mengikuti Ajang Apresiasi Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah. Namun, dari 27 desa wisata tersebut, hanya 10 yang masuk nominasi predikat Desa Wisata Jateng 2022.

10 desa liburan dipilih untuk menentukan yang terbaik. Pengumuman Juara Harapan Desa Wisata Jawa Tengah Tahun 2022 akan dilaksanakan pada Sabtu (26/11/2022) di Gerbang Gajah Desa Wisata Kembanglimus Kabupaten Magelang.

Baca juga: Selamat! Desa ini bertujuan untuk menjadi desa wisata terbaik di Jawa Tengah

Berikut daftar 10 desa wisata yang masuk dalam nominasi desa wisata terbaik Jawa Tengah 2022:

  1. Desa Wisata Giyanti Kabupaten Wonosobo,
  2. Desa Wisata Kandri Kota Semarang,
  3. Desa Wisata Conto, Kabupaten Wonogiri,
  4. Desa Wisata Dawuhan Kabupaten Banjarnegara,
  5. Desa Wisata Muncar, Kabupaten Semarang,
  6. Desa Wisata Sambongrejo, Kabupaten Blora,
  7. Desa Wisata Smongari Kabupaten Purworejo,
  8. Desa Wisata Karangrejo, Kabupaten Magelang,
  9. Desa Wisata Pekunden, Kabupaten Banyumas,
  10. Desa Wisata Sidowarno, Kabupaten Klaten.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button