Kamu tidak tahu? Surabaya punya gong yang besar lho - WisataHits
Yogyakarta

Kamu tidak tahu? Surabaya punya gong yang besar lho

jakarta

Ternyata Surabaya punya gong yang sangat besar. Gong besar ini disebut Gong Monjaya atau Gong Kyai Tentrem. Situs ini terletak di kompleks Monumen Jalasveva Jayamahe atau Monjaya, Surabaya.

Gong Kyai Tentrem berdiameter 5 meter, tebal 6 milimeter, dan berat 2,2 ton. Gong tersebut dibuat oleh seorang seniman gamelan bernama Sutarjo dari Yogyakarta. Karena ukurannya, gong ini membutuhkan waktu satu tahun untuk membuatnya.

Monumen Jalasveva Jayamahe atau dikenal dengan sebutan Monjaya merupakan salah satu bangunan ikonik di Surabaya. Monumen Monjaya merupakan wisata edukasi bahari.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Monumen Jalasveva Jayamahe terletak di kawasan Mako Armada II.Monumen ini terdiri dari dua bagian bangunan yaitu patung Jalesveva Jayamahe dengan ketinggian 31 meter. Sedangkan bangunan pendukung sekaligus museum setinggi 29 meter.

Gong raksasa di SurabayaGong besar di Surabaya Foto: Deny Prasetyo/detikJatim

Jadi, tinggi total tugu dan patung adalah 60 meter. Patung ini dirancang khusus oleh pematung I Nyoman Nuarta.

Kadispotmar Koarmada II Kolonel Marinir (P) Mohamad Bayu Pranoto mengatakan Gong Kyai Tentrem merupakan bagian tak terpisahkan dari Monumen Jalasveva Jayamahe. Bayu mengatakan ada alasan khusus untuk menamai gong ini.

Mengapa disebut Gong Kyai Tentrem pada tahun 1995, itu adalah satu tahun lagi sebelum seluruh kompleks Monjaya diresmikan oleh Suharto pada 5 Desember 1996. Gong ini dibuat oleh seorang seniman asal Yogyakarta bernama Sutarjo,” kata Bayu kepada detikJatim. Sabtu (13/8/2022).

Lalu apa filosofi dalam pembuatan dan konstruksi Gong Kyai Tentrem ini? Bayu mengatakan gong ini merupakan bentuk tanda dan peringatan untuk menyampaikan suatu pesan.

“Filosofi gong ini berawal dari nama Kyai Tentrem, seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebagai masyarakat kecil di desa-desa, khususnya di Jawa, kita sering mengenal gong yang umumnya digunakan sebagai bentuk peringatan, sebagai bentuk peringatan. tanda, sebagai satu-satunya bentuk pesan (messages) yang ditransmisikan,” kata Bayu.

Selain itu, tambah Bayu, ia berharap dengan dibuatnya Gong Kyai Tentrem ini dapat menjadi peringatan bagi warga negara Indonesia bahwa TNI Angkatan Laut siap memberikan perlindungan, perdamaian dan keamanan di seluruh lautan di negara tersebut.

“Dengan demikian seluruh jajaran TNI AL, koarmadanya, alutsista (alat utama alutsista) akan cepat memberikan perlindungan, akan memberikan perlindungan bagi seluruh lautan di negeri tercinta ini,” kata Bayu.

Tonton video Asyiknya Belajar Ski di Trans Snow World Surabaya
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button