Kampung Playen Gunung Kidul Yogyakarta gelar Parade Budaya Mertiwono - WisataHits
Yogyakarta

Kampung Playen Gunung Kidul Yogyakarta gelar Parade Budaya Mertiwono

Posting dilihat: 5

Reformasiaktual.com//YOGYAKARTA- Parade Budaya Mertiwono di Playen Gunung Kidul Yogyakarta berlangsung meriah dan penuh kemeriahan. Sebanyak 25 peserta parade memeriahkan perayaan Mertiwono di Desa Kepek, Banyusuco, Playen, Gunungkidul yang berlokasi di Kebun Madu Bronto Kepek, Banyusuco Kapanewon Playen, Jumat (4/11/2022).

Keanekaragaman seni dan budaya disatukan dalam satu kegiatan yang semarak. Warga sangat antusias melihat pawai budaya ini.

Berbagai tema kesenian dihadirkan mulai dari adat Jawa, wayang kulit, tari, tari dan juga jathilan bernuansa simbol tradisional Jawa hingga pelestarian budaya Tayub dalam rangkaian prosesi.

Selain itu, dalam acara Mertiwono ini diadakan festival ruwatan dan doa memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar menghasilkan hasil panen yang diinginkan.

Mulyanto selaku penyelenggara acara Mertiwono mengatakan, “Ikut serta dalam pawai budaya Mertiwono ini bertujuan untuk turut melestarikan budaya alam yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, khususnya di Kepek, Banyusuco.

Juga dari DLHK (dinas lingkungan hidup provinsi Yogyakarta)
telah memberikan kepada setiap petani di Kepek berupa benih kedelai, akasia dan juga benih minyak kayu putih,” imbuhnya.

“Parade Budaya Mertiwono hari ini dimulai pukul 08:00”
Rute dimulai dari SD KEPEK II Banyusuco Playen Gunungkidul menuju tempat Wisata Edukasi Taman Madubronto.

Turut hadir jajaran Forkopimcam Playen, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, serta ormas, Banser, di GK Kepek Banyusuco serta para peserta dan seluruh warga yang hadir dalam acara revival tersebut. Dan acara itu berlangsung sampai akhir.

Priwanto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button