Kampung Homestay Damandiri Tamanmartani menghadapi sejumlah kendala sejak keberadaannya yang kelima - WisataHits
Yogyakarta

Kampung Homestay Damandiri Tamanmartani menghadapi sejumlah kendala sejak keberadaannya yang kelima

YOGYAKARTA, Cendana News – Sejak diresmikan dan didirikan oleh Yayasan Damandiri pada tahun 2017, Kampung Homestay Damandiri Tamanmartani terbukti dapat membantu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Program Penguatan Masyarakat Bidang Pariwisata terbukti mampu meningkatkan potensi wisata Desa Tamanmartani yang terletak di sisi barat Kawasan Wisata Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta.

Melalui program bedah rumah, Yayasan Damandiri telah mengubah rumah-rumah warga menjadi keluarga angkat. Menyewa homestay juga memungkinkan warga memperoleh penghasilan tambahan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Lima tahun kemudian, Kampung Homestay Damandiri Tamanmartani tetap eksis meski belum maksimal.

Pembangunan tersebut menghadapi beberapa kendala, antara lain banyak pengelola yang tetap menggunakan fasilitas standar dan lamban mengikuti perkembangan zaman. Artinya pelayanan terhadap pengunjung atau wisatawan belum optimal.

General Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah selaku Manager Kampung Damandiri Tamanmartani Homestay membenarkan hal tersebut.

Ia menilai persoalan ini sebagai kendala tersendiri bagi koperasi dalam memasarkan atau mempromosikan homestay milik warga.

“Saat ini ada satu atau dua homestay yang terus meningkatkan fasilitas dan pelayanannya. Seperti menambah TV, AC, water heater, hingga itu Gratis Wi-Fi,” katanya.

Dari sekitar 12 homestay yang ada, kata Maimunah sebagian besar masih menggunakan fasilitas standar yang tidak mengikuti perkembangan zaman. Misalnya tanpa TV dan hanya dengan kipas angin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button