Kampung Batik Giriloyo bisa belajar dan membeli batik - WisataHits
wisatahits

Kampung Batik Giriloyo bisa belajar dan membeli batik

Harga Tiket Masuk Kampung Batik Giriloyo : Gratis

Kampung Batik Giriloyo terletak di daerah Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menawarkan wisata budaya, tetapi juga wisata edukasi. Selain mengetahui sejarah batik, pengunjung juga bisa belajar membatik di wisata ini.

Tempat wisata ini tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga populer di mata dunia. Selama menginap, wisatawan bisa melihat lebih dekat komunitas batik. Dengan memberikan edukasi, pengunjung bisa langsung mendapatkan pelajaran berharga dari para pembatik lokal di lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Desa Batik Giriloyo

Berwisata ke sini, pengunjung tidak perlu membayar untuk memasuki kawasan tersebut. Biaya yang harus dibayar hanya jika ingin mengikuti workshop. Untuk workshop, pengunjung harus membayar Rp 25.000 hingga Rp 50.000.

Harga Tiket Kampung Batik Giriloyo
Tiket Tidak ada
Bengkel Rp25.000 – Rp50.000

Baca: PANTAI BARU Bantul Tempat Senja Paling Asyik

Jam Buka Kampung Batik Giriloyo

Destinasi wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Jam operasional
Setiap hari 09.00 – 16.00

Pusat Batik Desa Batik Giriloyo Bantul

Kunjungan Iriana Jokowi ke Kampung Batik GiriloyoKunjungan Iriana Jokowi ke Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo merupakan sentra batik di Bantul, Yogyakarta. Tidak hanya sekedar berkunjung, pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi di tempat ini. Lingkungannya sangat luas sehingga siapa pun yang berkunjung akan merasa seperti di rumah sendiri.

Wisata edukasi ini menampilkan berbagai batik tulis khas para pembatik. Selain itu, batik asli dengan edisi terbatas menjadi keunggulannya. Puas belajar, pengunjung juga bisa membeli batik.

Jenis Batik di Kampung Batik Giriloyo

Jenis-jenis batik yang ada identik dengan corak halus keraton. Kekhasan batik ini adalah warna coklat dengan corak khas Mataram antara lain Jogja dan Solo. Salah satu motif batik yang paling populer adalah Batik Udan Liris. Jenis batik ini begitu khas kota Yogyakarta. Desain kecil dan unik yang memadukan warna biru, coklat, hitam dan putih membuat pola ini begitu menarik.

Motif batik lain yang bisa ditemukan adalah Sido Asih Gedhe. Motif ini menandakan harapan akan munculnya rasa sayang. Selain dua motif batik populer di atas, ada juga sejumlah koleksi batik lainnya yang begitu kental dengan budaya Jawa.

Pola yang tersedia antara lain Udho Rante, Parang Klithik, Buket Cepot, Sekar Jagad, Mega Mendhung, Babon Ngendong, dan Keong Renteng. Membeli batik tulis di sini membantu menyelamatkan perajin batik. Di lokasi wisata ini, setidaknya ada 1000 pekerja nyanthing batik.

Baca: Tiket dan Aktivitas MANGUNAN PINUS FOREST

Gabung Batik

Seorang wanita membuat batikSeorang wanita yang fokus pada batik. – foto (instagram/batikgiriloyo)

Pengunjung dapat terlibat langsung dalam proses pembuatan batik. Proses ini dimulai dari menggambar pola hingga mencelupkan batik. Melalui proses ini, pengunjung akan mendapatkan bimbingan langsung dari para perajin batik.

Bagi yang berminat, pengunjung bisa mengikuti ‘Paket Kursus’ yang tersedia. Paket ini membantu pengunjung menguasai teknik pembuatan batik tulis menjadi mahir. Hal-hal yang berkaitan dengan materi kuliah dan waktu dapat diatur bersama.

Setelah menemukan batik, wisatawan dapat melanjutkan kunjungan ke daerah Imogiri. Pengunjung dapat berkeliling untuk melihat rumah-rumah adat. Selain membatik, kegiatan lainnya adalah ziarah ke makam raja-raja Yogyakarta dan Solo.

Jika Anda mulai lapar, jangan lupa untuk menikmati Sate Kambing Cabang Pak Meyet. Sajian sate klathak khas Yogyakarta bisa disantap pengunjung setelah berkunjung ke tempat wisata ini.

Baca: Wisata Sejarah Makam Raja Imogiri, Tiket Gratis

Paket Wisata Kampung Batik Giriloyo

Desa Batik Giriloyo menawarkan paket wisata. Paket ini dapat diikuti oleh minimal 5 orang dan maksimal 500 orang. Paket wisata ini berisi sejumlah kegiatan yang dapat diikuti selama kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam.

Pengunjung bisa belajar tentang sejarah batik Giriloyo, cara membatik, dan melihat karya batik. Hasil karya batik ini selanjutnya bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kegiatan diakhiri dengan makan siang bersama.

Untuk berpartisipasi dalam perjalanan terorganisir ini, pengunjung dapat menghubungi pengelola melalui email atau telepon di situs resmi sirkuit. Pertanyaan terkait biaya dan durasi operasi dapat diselesaikan bersama.

Suasana pedesaan yang khas

Pengrajin batik sibuk bekerja di desa Batik GiriloyoPerajin batik yang sibuk mengerjakan proses akhir membatik. – foto (instagram/batikgiriloyo)

Suasana sejuk dengan tanaman hijau khas perbukitan Imogiri membuat kawasan ini begitu nyaman. Area yang luas juga menghadirkan objek-objek fotografi yang menarik di hampir setiap sudutnya.

Salah satu tempat yang wajib menjadi spot foto di Kampung Batik Giriloyo adalah galeri batik. Di galeri batik ini, terdapat banyak lukisan batik tulis yang indah yang dijadikan sebagai latar belakang untuk foto.

Selain itu, pengrajin batik tulis juga bisa menjadi objek foto yang menarik. Ingatlah untuk memakai pakaian khas Indonesia saat berkunjung ke sini.

Meredakan

Berbagai fasilitas tersedia untuk kenyamanan wisatawan. Tempat parkir yang luas dapat menampung mobil hingga bus. Toilet bersih, gazebo, paviliun untuk pertemuan dan ruang pameran batik tulis.

Lokasi dan Alamat Kampung Batik Giriloyo

Sentra batik ini terletak di kawasan Karang Kulon, Wukisari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata ini berada di bagian selatan pusat kota Yogyakarta.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button