Kampanye kesadaran pariwisata di Banyuraden, tingkatkan partisipasi warga, kembangkan potensi - WisataHits
Yogyakarta

Kampanye kesadaran pariwisata di Banyuraden, tingkatkan partisipasi warga, kembangkan potensi

Kampanye kesadaran pariwisata di Banyuraden, tingkatkan partisipasi warga, kembangkan potensi

tanpa judul

Krjogja.com – SLEMAN – DPRD Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Sleman melakukan sosialisasi sadar wisata yang melibatkan puluhan warga pada Kamis (17/11/2022) di Desa Banyuraden, Gamping Sleman.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga Banyuraden dalam pengembangan potensi wisata di daerahnya.

Ketua Komite B DPRD Kabupaten Sleman Dara Ayu Suharto SH mengatakan, sektor pariwisata di Kabupaten Sleman terus berkembang. Warga Desa Banyuraden harus merespon dengan mulai menginventarisasi potensi wisatanya untuk dikembangkan sebagai objek wisata.

“Kampanye sadar wisata ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap pengembangan potensi wisata di daerahnya,” kata Ayu.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Destinasi dan Pengembangan Ekonomi Dinas Pariwisata Sleman, Wasita SS MAP dan Wakil Ketua DPRD DIY Anton Prabu Semendawai SH.

Menurut Ayu, warga bisa memanfaatkan Dana Aspirasi DPRD Sleman untuk mengembangkan potensi wisata. Ia mencontohkan dana yang diperuntukkan untuk catering bisa untuk melatih 1 kelompok (beranggotakan 20 orang). Para peserta tidak hanya dilatih, tetapi juga mendapat peralatan masak.

“Dengan potensi yang dimiliki, Desa Banyuraden dapat dikembangkan menjadi desa wisata yang menawarkan paket-paket wisata seperti pelatihan gamelan, pelatihan tie-dye, kuliner dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, Wasita mengatakan keberadaan Bandara Internasional YIA dan jalan tol yang segera dibangun sendiri merupakan peluang bagi pengembangan sektor pariwisata.

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Sleman terus mendorong warga untuk sadar wisata dan mulai memetakan potensi wisata di daerahnya. Karena pariwisata akan mampu menggerakkan sektor perekonomian lainnya seperti kuliner, kerajinan tangan, homestay dan lain-lain.

“Kesadaran wisata harus terus ditumbuhkan, melalui diskusi masyarakat akan dihasilkan inovasi dalam pengembangan pariwisata di Desa Banyuraden,” pungkasnya. (Pengembang)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button