Kaltim Siapkan Paket Wisata Titik Nol IKN Nusantara Untuk Menarik Wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

Kaltim Siapkan Paket Wisata Titik Nol IKN Nusantara Untuk Menarik Wisatawan

TEMPO.CO, jakarta – Pembangunan Ibukota Negara atau IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur telah dimulai. Meski jauh dari selesai, sudah ada kawasan titik nol kilometer IKN yang menjadi daya tarik masyarakat, termasuk wisatawan.

Kawasan tersebut tidak hanya menjadi titik nol ibu kota baru, namun telah menjadi objek wisata baru bagi masyarakat setempat. Potensi tersebut dimanfaatkan Dinas Pariwisata Kaltim untuk mengembangkan paket wisata baru menyambut kepindahan ke ibu kota negara.

“Saat ini Titik Nol Taman Nasional Nusantara bukan sebagai objek wisata melainkan magnet bagi wisatawan, sehingga sangat potensial bagi daerah sekitarnya untuk mendapatkan keuntungan kunjungan,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Biro Pariwisata Kaltim, Restiawan Baihaqi. di Samarinda, Kamis, 24 November 2022.

Kawasan titik nol IKN saat ini ditutup sementara karena sedang berlangsung proyek pembangunan di sana. Namun sebelum ditutup, kawasan itu selalu dipadati orang. Pemerintah setempat pernah mencatat jumlah kunjungan mencapai 18.000 selama 8 hari pada Mei lalu.

Baihaqi meyakini setelah selesainya kegiatan pembangunan di lokasi tersebut, kawasan titik nol IKN akan kembali penuh, dan ini akan menjadi pendorong penawaran paket wisata. “Inilah yang menjadi pendorong Kalimantan Timur dan kabupaten/kota untuk menjual paket wisatanya, karena sudah ada beberapa objek wisata pendukung, jadi kita dan para pemangku kepentingan pariwisata tinggal menyatukan paket dan konektivitasnya,” ujarnya. .

Sejumlah paket wisata telah disiapkan, antara lain paket wisata ke IKN dan sejumlah objek wisata di kawasan tersebut. Misalnya, pengunjung Samarinda bisa mengambil paket antara lain ke Taman Bengkirai, Goa Tapak Raja, IKN dan sekitarnya. Bagi wisatawan dari Balikpapan, jalur kunjungan dari Samarinda kemungkinan akan dibalik.

Konsep pariwisata dalam IKN

Sebelum bernama IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur memiliki berbagai potensi alam dan budaya yang bisa dikembangkan. “Sehingga akan ada skema perencanaan dan penganggaran untuk menyiapkan potensi wisata di IKN berbasis ekowisata (ecotourism),” kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno dalam jumpa pers mingguan, Senin, 21 Februari 2022.

Pemetaan potensi wisata dilakukan setelah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN disahkan oleh Presiden Jokowi. Keputusan tersebut ditandatangani pada 15 Februari 2022 sebagai kerangka hukum pemindahan ibu kota ke Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurut Sandiaga, Kalimantan Timur memiliki tempat wisata budaya, alam, dan buatan yang berbasis alam dan budaya yang kaya. IKN Nusantara, kata dia, akan modal hijau (green capital) untuk membuka peluang pembangunan berkelanjutan dengan peran pariwisata berkualitas untuk dihadirkan di ibukota.

Baca juga: Titik Nol IKN Nusantara ditutup sementara untuk kunjungan wisatawan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button