Kaliurang Rayakan HUT RI ke-77 Gratis Retribusi Pada Upacara Berpakaian Adat • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Kaliurang Rayakan HUT RI ke-77 Gratis Retribusi Pada Upacara Berpakaian Adat • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan menggelar upacara peringatan HUT RI ke-77 bersama para pemangku kepentingan pariwisata dari Kaliurang. Sebanyak 115 pelaku wisata dari Kaliurang, terdiri dari 23 kotamadya, akan menghadiri upacara tersebut. Mulai dari pedagang di Kaliurang, pengelola hotel hingga perusahaan rental skutik.

Upacara Hari Kemerdekaan akan berlangsung dengan kearifan lokal. Para peserta mengenakan pakaian tradisional Indonesia. Ada juga flash mob tari Badui.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Sleman Aris Herbandang mengatakan kegiatan tersebut merupakan inisiatif Pemkot Kaliurang. Di satu sisi, acara ini sekaligus dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sleman.

“Upacara akan digelar di Nawang Jagad, destinasi baru di wilayah Kaliurang Barat. Minat masyarakat sangat tinggi dan menjadi hal yang cukup menarik bagi para pemangku kepentingan pariwisata di Kaliurang,” katanya saat konferensi pers di ruang rapat Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Jumat (8/12).

Selain itu, pada 17 Agustus, Dispar Sleman akan melepas izin masuk ke wilayah Kaliurang dan Kaliadem. Sebelumnya, Bandang mengatakan kunjungan Hari Kemerdekaan tidak seramai liburan sekolah atau hari libur nasional lainnya.

Sementara itu, dia menambahkan, jumlah kunjungan akhir pekan ke Kaliurang dan Kaliadem kini cukup tinggi. Pada akhir pekan setidaknya ada 4.000 hingga 4.500 kunjungan wisatawan per hari.

“Bupati menyetujui kawasan bebas bea Kaliurang dan Kaliadem pada 17 Agustus. Mulai pukul 08.00 hingga 21.00,” ujarnya.

Timnya juga akan bersiaga di dekat destinasi wisata. Untuk memastikan jumlah kunjungan saya pada Hari Kemerdekaan Indonesia. Verifikasi melalui wawancara langsung dengan pemangku kepentingan pariwisata.

“Jumlah kunjungan kami dievaluasi berdasarkan diskusi dengan pemangku kepentingan pariwisata. Ada peningkatan penjualan atau tidak,” ujarnya. (isa/dwi)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button