Kalender Wisata Jawa Timur Februari 2023 akan ada bingkisan menarik - WisataHits
Jawa Timur

Kalender Wisata Jawa Timur Februari 2023 akan ada bingkisan menarik

Kalender Wisata Jawa Timur Februari 2023 akan ada bingkisan menarik

Siapkan uang saku karena event menarik menanti Anda di Jawa Timur pada Februari 2023. Berbagai jenis wisata tersedia untuk Anda, mulai dari wisata tradisional hingga wisata kuliner.

Jawa Timur menawarkan berbagai jenis wisata, terutama acara budaya yang berlangsung sepanjang tahun. Agar tidak ketinggalan, simak kalender wisata Jawa Timur Februari 2023.

Berbagai wisata dan hiburan menanti Februari, mulai dari pentas seni, peringatan, wisata budaya, hingga wisata kuliner.

Wisata di Jawa Timur ini direkomendasikan untuk Anda. Apalagi saat liburan tahun baru Anda belum sempat berwisata di Jawa Timur.

Kalender pariwisata Jawa Timur Februari 2023

Penampilan pertama Sendratari Padang Bulan Arjuna Wiwaha-Sandukan

Acara ini berlangsung setiap tanggal 15 penanggalan Jawa dimana pementasan ini rutin diadakan setiap bulan. Pada bulan Februari, pelaksanaan akan dilakukan pada tanggal 5 Februari 2023.

Pementasan Sendratari Arjuna Wiwaha-Sandukan Padang Bulan berlangsung di Amfiteater Arjuna Wiwaha di Kota Batu. Dengan pementasan karya tari epik Arjuna Wiwaha.

Namun pertunjukan tari ini telah menjadi salah satu ikon kota Batu dan alternatif wisata budaya.

2. Memperingati pemberontakan PETA di Blitar

Pemberontakan Tentara Nasional Indonesia (PETA) di Blitar merupakan salah satu perjuangan perlawanan rakyat Indonesia terhadap pendudukan Jepang.

Pemberontakan ini dipimpin oleh seorang pahlawan Trenggalek, Shodanco Supriadi, yang keberadaannya tidak diketahui hingga saat ini. Ketika Presiden Soekarno mengangkat Supriyadi sebagai menteri pertahanan pertama Republik Indonesia, dia tidak muncul.

PETA sendiri merupakan kekuatan militer bentukan Jepang. Kemudian Supriyadi mengkonsolidasikan pasukannya untuk melawan Jepang yang telah menindas Indonesia.

Untuk memperingati kerusuhan PETA, akan digelar drama kolosal pada 14 Februari 2023 yang berlangsung di beberapa lokasi, salah satunya Alun-alun Kota Blitar.

3. Jambore Desa Wisata dan Paguyuban Pariwisata

Kota Batu tidak pernah gagal memberikan hiburan bagi wisatawan. Karena pada tanggal 18 Februari 2023 akan diadakan Jambore Desa Wisata dan paguyuban pariwisata.

Diduga, acara ini menjadi ajang pertemuan para penggiat Desa Wisata di Kota Batu. Sekaligus memperkuat jaringan antara desa liburan dan tempat belajar bersama.

4th Pasar Djadoel Sunday Legi

Pasar rakyat rutin digelar setiap Minggu Legi di Taman Wisata Tawun, Kabupaten Ngawi. Berbeda dengan pasar pada umumnya, acara Legi dikemas dengan cara lama setiap minggunya.

Sehingga nantinya Anda bisa bernostalgia dan merasakan nuansa pasar lama. Selain itu pasar Djadoel merupakan wisata budaya sekaligus kuliner. Karena nantinya akan banyak jajanan untuk masyarakat yang disajikan disana.

5. Kendur Durian Wonosalam

Jika Anda pecinta buah durian, Anda disarankan untuk mengunjungi Kabupaten Jombang pada Februari 2023. Karena akan ada tumpeng buah durian.

Jumlahnya juga fantastis, karena jumlahnya disesuaikan dengan tahun pengenalannya, yakni 2023 buah.

Latar belakang memelihara kendura durian Wonosalam adalah sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan panen durian jombang asli Wonosalam.

Menjelang Peak Day, rangkaian acara meliputi pertunjukan seni daerah, kompetisi durian, dan pameran produk premium. Kemudian setelah prosesi tumpeng durian, dilanjutkan dengan bancakan salak, andum alpukat dan tumpengan manggis.

Tidak ada tanggal khusus untuk pelaksanaannya. Namun, dalam Kalender Pariwisata Jatim 2023 yang diterbitkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, antara Februari dan Maret.

6. Akhir mantra

Ujung Mantra merupakan tradisi dari Kabupaten Lumajang. Dimana akan ada dua orang yang saling memukul dengan tongkat rotan yang disihir. Kemudian, selama atraksi, ada musik dari gamelan.

Rangkaian acara juga dimeriahkan dengan sajian hidangan tradisional. Seperti Tape Tetel dan jajanan pasar lainnya, juga akan ada pagelaran Wayang Kulit.

Tempat pelaksanaannya di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit.

Sekilas tradisi Ujung Mantra hampir mirip dengan Tiban, tradisi meminta hujan di Trenggalek.

Sudah siap berwisata di Jawa Timur? Inilah kalender travel Jawa Timur bulan Februari 2023. Semoga bermanfaat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button