KAI resmi mengoperasikan KA Blambangan Ekspres dan melayani Semarang-Banyuwangi PP - WisataHits
Yogyakarta

KAI resmi mengoperasikan KA Blambangan Ekspres dan melayani Semarang-Banyuwangi PP

BacaJogja – PT KAI meresmikan operasional KA Blambangan Ekspres pada Jumat 2 Desember 2022. Peluncuran KA ekonomi dan eksekutif ditandai dengan rata-rata pita oleh Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Kepala KAI Daop IV Semarang Wisnu Pramudyo.

“Kita patut bersyukur hari ini menjadi saksi peluncuran KA Blambangan Ekspres pertama sambungan Semarang Tawang – Ketapang Banyuwangi PP. KAI terus berinovasi dengan meluncurkan kereta relasional baru untuk memudahkan konektivitas masyarakat dari Semarang ke Jember hingga Ketapang dan sebaliknya, kata Wisnu pada peluncuran KA Blambangan Ekspres di stasiun Tawang, Semarang, Jumat, 2 April 2022.

Baca juga: KAI meluncurkan Kereta Api Blambangan Ekspres Semarang-Banyuwangi yang akan diberangkatkan pertama kali pada 2 Desember

Menurut Wisnu, naik kereta api Blambangan Ekspres dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan pelanggan, karena hingga saat ini belum ada perjalanan kereta api dari Semarang ke Banyuwangi atau sebaliknya.

Selain itu, dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata bagi kota Semarang dan Banyuwangi serta daerah lain yang dilalui. Kehadiran Kereta Ekspres Blambangan akan memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke sejumlah destinasi seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau dan tempat-tempat wisata di Banyuwangi lainnya.

“Penamaan Blambangan Ekspres terinspirasi dari salah satu nama kerajaan yang pernah menguasai Jawa Timur. Harapannya, kereta api ini sebesar dan semegah kerajaan ini,” ujarnya.

Selama liburan Natal dan Tahun Baru, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi setiap hari pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 Desember 2022. Leg selanjutnya akan beroperasi pada akhir pekan. Jika permintaan terus meningkat, keberangkatan setiap hari dimungkinkan.

Kereta ini berangkat dari Tawang Semarang pada pukul 18:05 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang, Banyuwangi pada pukul 04:40 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Ketapang pukul 19.30 WIB dan tiba di Semarang pukul 05.44 WIB.

Penumpang bisa mendapatkan harga tiket promo dengan kuota terbatas hingga 18 Desember 2022. Tiket kelas ekonomi hanya Rp 150.000 dan kelas Eksekutif Rp 250.000.

Lanjut membaca: KAI siapkan penambahan 24 KA periode Nataru, lihat jadwal dan rutenya

Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyambut positif inovasi pelayanan KAI Daop IV Semarang. Baginya, KA Ekspres Blambangan akan meningkatkan hubungan bisnis dan pariwisata bagi masyarakat Semarang dan Banyuwangi atau dengan daerah lain yang dilalui KA tersebut.

“Wisatawan harus bisa memanfaatkan kesempatan ini. Selain itu, Semarang akan sering dikunjungi kapal pesiar pada tahun 2023 nanti. Jadi ke depan kita harapkan tidak hanya di akhir pekan tapi setiap hari karena banyak kepentingan bisnis yang bisa dilayani,” ujarnya. []

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button