KAI menutup layanan rapid antigen testing dan PCR di semua stasiun - WisataHits
Jawa Timur

KAI menutup layanan rapid antigen testing dan PCR di semua stasiun

Layanan pengujian cepat antigen dan PCR

KAI menutup layanan rapid antigen dan PCR testing di stasiun berdasarkan aturan perjalanan baru (Foto: Istimewa)

FAKTA-INDONESIA: PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi menghentikan layanan antigen rapid test dan PCR di semua stasiun pada Jumat (2/9/2022). Hal tersebut disampaikan PT KAI melalui postingan di akun Instagram miliknya @kai121_.

“Layanan kerjasama rapid test antigen/RT-PCR di beberapa stasiun kereta api sudah tidak beroperasi lagi. Terima kasih kepada #Sahabat KAI yang menggunakan layanan screening di stasiun kereta api untuk memenuhi kebutuhan perjalanan,” tulis akun yang dikutip pada Sabtu (9/3/2022).

Penutupan layanan ini mengikuti aturan terbaru perjalanan kereta api yang tertulis dalam SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022.

Baca juga: Mulai 30 Agustus, Booster Wajib untuk Perjalanan Kereta Jarak Jauh

“Seiring dengan pemberlakuan persyaratan terkini perjalanan kereta api antarkota di bawah SE Dephub Nomor 84 Tahun 2022 yang tidak lagi mewajibkan penumpang menunjukkan hasil negatif rapid antigen screening atau RT-PCR,” tulis akun @ kai121_.

Meski layanan rapid test antigen dan PCR ditutup, pihaknya membuka layanan vaksinasi ketiga (booster) bagi calon penumpang berusia 18 tahun dan masyarakat umum. Karena ketiga dosis vaksinasi (booster) menjadi syarat utama bagi pemudik yang ingin menggunakan kereta api.

“Namun, KAI membuka layanan vaksinasi dosis ketiga (boost) kepada calon penumpang dan masyarakat umum di beberapa stasiun kereta api dan fasilitas kesehatan milik KAI,” tulis KAI.

Layanan vaksinasi gratis KAI saat ini tersedia di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Klinik Cirebon, Klinik Jatibarang, Stasiun Semarang Tawang, Klinik Semarang, Stasiun Purwokerto, Klinik Kroya, Klinik Kutoarjo, Klinik Medis Yogyakarta, Solo Klinik Kesehatan, Klinik Madiun, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Stasiun Malang, Klinik Jember, Klinik Ketapang, Klinik Medan, Klinik Padang, Klinik Palembang, Stasiun Kertapati dan Klinik Tanjungkarang.

Baca Juga: Hore, KA Makassar-Parepare Dijadwalkan Dibuka Akhir Oktober 2022

Persyaratan peserta vaksinasi gratis di stasiun dan klinik KAI untuk pelanggan adalah usia minimal 18 tahun, membawa KTP dan kode booking Fernzug ​​yang sudah lunas. Vaksinasi dilakukan paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Selain vaksinasi untuk pelanggan, vaksinasi di stasiun dan klinik KAI juga diperbolehkan untuk masyarakat umum. Setelah KAI menghentikan layanan rapid test antigen dan PCR, calon penumpang harus mendapatkan vaksin booster jika ingin menggunakan moda transportasi ini.***

Source: faktualid.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button