KAI menghadirkan festival UMKM di atas kereta, menghadirkan produk UMKM di atas kereta - WisataHits
wisatahits

KAI menghadirkan festival UMKM di atas kereta, menghadirkan produk UMKM di atas kereta

KAI menghadirkan festival UMKM di atas kereta, menghadirkan produk UMKM di atas kereta

Piknikdong.com – Sebagai bentuk nyata mendukung pembangunan ekonomi kerakyatan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan KAI Services menyelenggarakan UMKM Fest on Train 2023.

Dalam acara tersebut, produk UMKM binaan KAI juga dijual di kereta restoran/kereta catering mulai 17-21 Mei 2023.

Dukung Kemajuan UMKM, KAI Hadirkan UMKM Fest on Train-minDukung kemajuan UMKM, KAI gelar UMKM Fest on Train, foto: KAI.id

Kegiatan ini berlangsung dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei.

“KAI terus mendorong sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui berbagai kegiatan promosi yang dapat membuka target pasar baru.

UMKM Fest on Train 2023 merupakan salah satu upaya KAI untuk mengkomersialkan produk UMKM yang hadir untuk menjangkau pasar yang lebih luas,”

ujar Executive Vice President Sekjen Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Produk yang dijual pada UMKM Fest on Train 2023 adalah jajanan olahan yang populer seperti odeng, ciomy, tekwan, makaroni, basreng, seroja peyek, serta slondok dan burung puyuh.

Pada awalnya, UMKM Fest on Train digelar di KA Argo Wilis, relasi Bandung – Surabaya Gubeng, KA Lodaya, KA Bandung – Solo Balapan pp, KA Gumarang, relasi Pasar Senen – Surabaya Pasarturi dan KA Brawijaya, Gambir – Malang pp.

Dengan adanya UMKM Fest on Train 2023, pelanggan memiliki lebih banyak pilihan makanan selain penawaran lain yang ditawarkan oleh KAI Services.

Pelanggan juga lebih mudah memesan produk UMKM atau makanan lainnya melalui laman lokomart.id atau aplikasi KAI Access, selain dapat membeli langsung di dalam kereta.

Saat ini total mitra binaan KAI yang aktif berjumlah 769 orang yang tersebar di wilayah operasional Jawa dan Sumatera.

Berbagai bantuan pemasaran bagi UMKM binaan dilakukan dalam bentuk penyediaan Teras UMK di stasiun, showcase UMKM di stasiun, e-katalog UMKM di kereta api, serta pelibatan mitra binaan dalam pameran.

Pada 2023, KAI berencana menyalurkan dana sebesar Rp 8,5 miliar untuk UMKM unggulan.

UMKM tersebut meliputi sektor industri, jasa, perdagangan, perikanan, pertanian, peternakan dan lain-lain.

Selain memberikan pembiayaan permodalan kepada pelaku usaha, KAI juga memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi UMK unggulannya.

“Melalui hadirnya UMKM Fest on Train 2023 ini, kami berharap KAI juga turut andil dalam membangkitkan ekonomi UMKM dengan memperkenalkan produk-produk UMKM binaan KAI ke pasar yang lebih luas,”

pungkas Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button