Kagama Banyuwangi dan Jember tanya Guyub-Migunani - WisataHits
Jawa Tengah

Kagama Banyuwangi dan Jember tanya Guyub-Migunani

Banyuwangi

Ganjar Pranowo, Ketua Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama), melantik pengurus cabang Banyuwangi dan Kagama Jember. Ganjar meminta Kagama untuk menjadi baik dan migunani (dermawan).

Dikatakannya dengan gotong royong dan migrasi dimanapun kehadiran Kagama dapat membawa manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Yang terpenting kami rukun, yang kedua adalah Migunani. Filosofi itulah yang kemudian banyak dibentuk oleh banyak pengurus,” kata pria yang juga Gubernur Jawa Tengah itu, saat pelantikan Kepala Cabang Kagama di Warung Sentongsongo, Jl Simpang Gajah Mada, Banyuwangi, Minggu (28/8/ 2022).

Ganjar menambahkan, dirinya selalu menanamkan dalam diri pengurus Kagama untuk hidup rukun dengan anggota Kagama lainnya. Migunani atau berguna dalam arti kemaslahatan bagi bangsa, negara, masyarakat dan kemanusiaan.

“Banyuwangi dan Jember, kami menginisiasi pimpinan cabang untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Sebagai contoh sederhana, Banyuwangi memiliki Komunitas Suku Using yang kaya akan seni dan budaya yang luar biasa. Di sini, anggota Kagama yang belajar sastra harus mengembangkan budaya dan sastranya.

“Ini adalah contoh yang diberikan kepada saya dalam sebuah buku. Ini adalah buku yang sangat keren. Kita bisa menjelajahinya, kita bisa membedahnya, kita bisa mengambilnya sendiri-sendiri. Jika perlu disajikan secara audiovisual, posting di media sosial. Jadi banyak yang tahu,” katanya.

Begitu juga di industri lainnya. Baik seni dan kuliner, destinasi wisata, UMKM, industri kreatif dan masih banyak sektor lainnya yang bisa dieksplorasi. Ia berharap anggota Kagama dapat membantu membangunnya melalui bidang keilmuannya.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, jika ada manajemen Kagama yang bisa melakukan itu, maka dengan dukungan Kagama, kemandirian itu bisa menjadi kenyataan.

Ia menegaskan Kagama juga bekerja sama dengan UGM sebagai ibu yang melahirkan Kagama dalam mendukung masyarakat dan pemerintah daerah.

“Dan kita komunikasikan, termasuk kita di pemerintahan, agar sinergi itu benar-benar bisa tumbuh,” ujarnya.

Tonton video momen Ganjar Pranowo ikut flash mob di CFD Solo
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/tebal)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button