Kadisbudpar Desa Wisata Jatim Harapan Berdayakan Seniman Lokal – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Kadisbudpar Desa Wisata Jatim Harapan Berdayakan Seniman Lokal – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Kadisbudpar Harapan Desa Wisata Jawa Timur memberdayakan seniman lokal

Diunggah pada : 27 Desember 2022 13:02:10 6

Kadisbudpar Jatim, Hudiyono saat rapat sinkronisasi Program Pemasaran Pariwisata Tahun 2023 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim Tahun 2022 di Kota Malang, Selasa (27/12/2022)/Ghufron

Ruang Berita Jawa Timur – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim (Kadisbudpar Jatim), Hudiyono berharap desa wisata dapat memberdayakan seniman lokal agar diakui di daerahnya.

Hal itu disampaikan Kadisbudpar Jatim pada Rapat Sinkronisasi Program Pemasaran Pariwisata Tahun 2023 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim Tahun 2022 di Kota Malang, Selasa (27/12/2022).

“Ada desa wisata yang mengadakan pertunjukan wayang, malah biayanya sepuluh kali lipat mengundang dalang dari Jawa Tengah daripada dalang dari daerah sendiri,” ujarnya.

Kondisi seperti ini, menurut Kadisbudpar Jatim, ke depan perlu diubah agar pengembangan desa wisata diikuti dengan semakin dikenalnya seniman di daerah.

Ada banyak cara untuk menjadikan desa liburan sebagai daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Saat ini pengelolaan desa liburan terkesan sangat tradisional sehingga perlu didukung stakeholder di daerah. Sumber daya manusia perlu ditingkatkan dan ini membutuhkan kerjasama antara birokrasi dan masyarakat, serta keterlibatan pemangku kepentingan, baik profesional maupun perguruan tinggi,” jelasnya.

Menurut Kadisbudpar Jatim, pengembangan desa wisata secara otomatis akan menghidupkan dan mengembangkan sektor perekonomian daerah, menggerakkan UKM (usaha kecil menengah) di daerah, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Untuk menarik wisatawan, desa wisata perlu dikemas semenarik mungkin dengan mengedepankan seni budaya asli daerah serta menampilkan olah raga dan permainan tradisional seperti egrang, gobak sodor dan terompet,” imbuhnya. (hjr)

#Disbudpar Jawa Timur

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button