Kadin Solo mendorong UMKM masuk ke e-katalog pemerintah - WisataHits
Jawa Tengah

Kadin Solo mendorong UMKM masuk ke e-katalog pemerintah

Kadin Solo mendorong UMKM masuk ke e-katalog pemerintah

RADARSOLO.ID – Topik resesi global pada tahun 2023 ada di benak semua orang orang yang berkepentingan, termasuk Kadin Solo. Untuk itu, tahun ini Kadin Solo fokus penuh pada pengembangan MICE, pariwisata dan UMKM. Khusus UMKM, Kadin mengaku akan lebih gencar mengkurasi UMKM di Kota Bengawan. Tujuannya untuk mendorong UMKM berlangganan e-katalog pemerintah.

“Ini adalah program terdekat yang akan kami lakukan. Sementara itu, kami melanjutkan program yang sudah baik di masa lalu. Kami akan meningkatkan. Namun saat ini fokus kami adalah UMKM,” kata Ferry Indrianto, Ketua Kamar Dagang dan Industri Solo Radar Jawa Pos Solokemarin.

Tahun ini, menurut Ferry, tidak ada lagi pembahasan mengenai dampak pandemi Covid 19. Namun, lebih responsif terhadap isu dunia gelap yang diperkirakan akan muncul tahun ini. Misi Kadin Solo adalah menyebarkan optimisme kepada seluruh masyarakat, khususnya seluruh pelaku usaha.

“Ada anggaran Rp 1.200 triliun untuk e-katalog. Oleh karena itu, kami ingin mendorong UMKM, khususnya usaha mikro-mikro, untuk segera berlangganan e-katalog tersebut. Karena kue sebesar ini harus ditangkap oleh UMKM juga,” ujarnya.

Ferry mengatakan pihaknya siap mendukung UMKM hingga berhasil masuk ke dalam ekosistem e-katalog. Mulai dari pendidikan UMKM, melalui pajak, hingga pengembangannya kesadaran UMKM tentang pentingnya mengikuti e-catalog.

“Nanti kita lihat seperti apa hasil kurasi UMKM. Apa yang hilang, apa peringkatnya. Kebanyakan kendala bagi UMKM untuk mengikuti e-Catalogue adalah masalah pemahaman dan Cara berpikir. Merasa mampu untuk bertahan hidup dengan cara konvensional. Padahal di e-catalog ini anggarannya besar,” lanjutnya.

Selain itu, Ferry mengaku pihaknya juga akan berkontribusi dalam pengembangan MICE dan pariwisata di Kota Bengawan. Karena keduanya menjadi program utama selama menjabat sebagai ketua Kadin Solo. Dia mengapresiasi banyaknya destinasi wisata baru yang disebut bisa meningkatkan jumlah pengunjung.

“Kami mengajak semua pihak untuk bergotong royong dan bergotong royong menggarap pariwisata di Kota Solo. Tempat MICE bisa mengembangkan harapan baru ini sekaligus meningkatkan jumlah kunjungan. Itu akan kita upayakan lebih intensif lagi tahun ini,” tutupnya. (aya/nik/dam)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button