Kadin Jatim optimistis kinerja sektor pariwisata 2023 - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Kadin Jatim optimistis kinerja sektor pariwisata 2023 – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Kadin Jatim optimistis kinerja sektor pariwisata 2023 – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Optimis Kinerja Sektor Pariwisata Kadin Jatim Tahun 2023

Diunggah pada : 6 Januari 2023 20:52:31 7

Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur Adik Dwi Putranto (kiri)

Ruang Berita Jatim Kinerja sektor pariwisata di Jawa Timur berangsur membaik setelah dilanda pandemi Covid-19 selama tiga tahun. Tahun ini, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur memproyeksikan produksinya naik dua kali lipat dibandingkan tahun 2022.

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan, pandemi Covid-19 memang sangat memukul sektor pariwisata di Jatim. Namun pada tahun 2022, sektor ini akan bangkit kembali dan akan berakselerasi tahun ini. Lonjakan 2023 dipicu oleh sejumlah faktor, antara lain pencabutan pembatasan gerak kegiatan masyarakat atau PPKM oleh Presiden Joko Widodo sejak akhir tahun lalu.

“Ini akan terus ditingkatkan. Selain itu, Presiden mencabut peraturan PPKM tersebut. Prediksi kami, sektor pariwisata di Jatim tahun ini dua kali lipat,” ujarnya di Surabaya, Jumat (6/1/2023).

Menurutnya, jumlah wisatawan mancanegara dan domestik akan meningkat secara signifikan, termasuk MICE (Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions) juga akan meningkat. “Di Batu saja, jumlah wisatawan domestik akan mencapai 7,4 juta wisatawan pada tahun 2022. Ini sinyal pariwisata kita tancap gas tahun ini,” kata Adik.

Lebih lanjut dia menegaskan, seiring dengan pencabutan PPKM, penurunan harga tiket pesawat juga berkontribusi besar terhadap peningkatan jumlah wisman ke Jatim.

“Untuk sektor transportasi juga terjadi penurunan harga, tiket pesawat turun. Hal ini berdampak sangat baik terhadap peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara mengingat Jawa Timur sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata mancanegara seperti Bromo, Ijen dan Gili Iyang. ” dia berkata.

Guna meningkatkan kinerja, KADIN Jatim akan terus membantu mempromosikan pariwisata baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Di dalam negeri, Kadin Jatim bersama Pemprov Jatim selalu menyelenggarakan kegiatan misi dagang termasuk promosi pariwisata.

“Begitu juga di luar negeri, kami selalu mempromosikan pariwisata Jawa Timur saat melakukan misi dagang ke sejumlah negara. Kami juga melakukan promosi ketika tamu atau delegasi dari luar negeri berkunjung ke kantor Kadin Jatim,” jelasnya.

Selain melakukan promosi, Kadin Jatim juga terus mendorong peningkatan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di tempat-tempat wisata, terutama di daerah-daerah yang masih berkembang sektor pariwisatanya, seperti Kediri, Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Jember, Madura .

“SDM pariwisata bersertifikat seperti pemandu wisata sudah banyak di kota wisata seperti Batu dan Banyuwangi. Sehingga hal ini masih perlu pembenahan, termasuk apakah destinasi tersebut ramah anak atau tidak. Karena industri pariwisata ini merupakan industri jasa yang sangat bergantung pada sumber daya manusia. Kalau SDM tidak siap, sulit untuk maju,” kata Adik.

Di sisi lain, penting juga untuk mengedukasi masyarakat tentang objek wisata, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bersentuhan langsung dengan wisatawan. UKM kuliner, misalnya, tidak mematok harga terlalu tinggi saat berdagang di kawasan wisata. “Harus ada hadiahnya. Jangan sampai wisatawan kecewa dan merasa dikhianati karena harus membayar mahal,” jelas Adik.

Terkait jumlah kunjungan wisman tahun 2022, ia mensinyalir terjadi peningkatan yang sangat tajam dibanding tahun 2021. Data Badan Pusat Statistik Jawa Timur menunjukkan, jumlah wisman yang datang ke Jatim dari Januari hingga November 2022 mencapai 48.991 wisman, naik dibanding tahun 2021 sebanyak 689 wisman. Sebagian besar berasal dari Malaysia yang mencapai 30,86 persen, diikuti Singapura 16,07 persen, China 4,30 persen, dan Amerika 3,41 persen.

“Tapi angka itu masih jauh dari kondisi sebelum pandemi Covid-19. Pada tahun 2018 jumlah wisman yang masuk ke Jawa Timur mencapai 320.529 wisman, dan pada tahun 2019 mencapai 243.899 wisman. sebelum pandemi, sehingga kontribusi mereka terhadap perekonomian Jatim terus meningkat,” tutupnya. (gila/mjr)

#kadin Jawa Timur

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button