Kabupaten Tangerang akan menjadi tuan rumah PNLG Forum 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Kabupaten Tangerang akan menjadi tuan rumah PNLG Forum 2022

Liputan6.com, Tangerang Kabupaten Tangerang memiliki program unggulan yang menjadi paradigma baru dalam pengelolaan kawasan pesisir dan model internasional. Kabupaten Tangerang juga merupakan anggota Jaringan Pemerintah Daerah (PLNG) Kemitraan dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Laut Asia Timur (PEMSEA).

Dua alasan inilah yang menjadi alasan mengapa Kabupaten Tangerang dipilih menjadi tuan rumah Forum PNLG 2022 pada 25-29 Oktober 2022. Kabupaten Tangerang berhasil menata kembali pesisir sepanjang 51,2 kilometer melalui program Gerakan Membangun Masyarakat Pesisir (Gerbang Mapan).

Program ini mencakup lima desa pesisir di lima kecamatan. Salah satu dari lima lokasi Pintu Mapan adalah Desa Ketapang dengan Urban Aquaculture Ketapang. Ya, sebelumnya Ketapang adalah kampung kumuh dan berhasil bertransformasi menjadi lebih baik berkat sentuhan program unggulan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada tahun 2015.

Pada tahun yang sama, Kabupaten Tangerang juga tercatat sebagai anggota Jaringan Pemerintah Daerah dalam Kemitraan Pengelolaan Lingkungan Pesisir di Asia Timur (PEMSEA), yang biasa disebut PNLG.

Gerbang Mapan bertujuan untuk mempercepat penyediaan infrastruktur dasar, mengembangkan ekonomi masyarakat dan memperkuat masyarakat pesisir di wilayah utara Kabupaten Tangerang.

Keberhasilan ini mendorong PEMSEA untuk memasukkan Desa Ketapang sebagai salah satu lokasi utama dalam agenda pertemuan tahunan ini, Forum PNLG 2022. Di sini pulalah Budidaya Perairan Perkotaan Ketapang didirikan.

Sejak tahun 2019, kawasan tersebut mulai melakukan pemberdayaan masyarakat, pembangunan permukiman layak huni bagi nelayan dan warga sekitar, serta kawasan konservasi hutan mangrove. Di antaranya pengembangan kawasan budidaya dan budidaya udang dan ikan vaname, kawasan wisata, pengembangan dan pelatihan nelayan dan penduduk setempat, serta pengembangan ekowisata dan industri kreatif.

Negara Siap menjadi tuan rumah sejak 2021

Bupati Ahmed Zaki Iskandar yang berhasil mengawal program Gerbang Mapan akhirnya dipercaya sebagai Wakil Presiden Jaringan Pemerintah Daerah (PLNG) PEMSEA. Seiring berjalannya waktu, Bupati Zaki menyatakan siap menjadi tuan rumah Forum PNLG 2022.

Sejak saat itu, Kabupaten Tangerang menerapkan Integrated Coastal Development (ICM) melalui program unggulan Pintu Mapan.

Bupati Zaki terpilih sebagai Wakil Presiden atau Wakil Presiden PNLG atas keberhasilan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan untuk wilayah pesisir. Mulai dari penataan kawasan, infrastruktur hingga pemberdayaan masyarakat pesisir.

“Kepercayaan yang ditunjukkan ini akan terus dijunjung tinggi dan akan menjadi bagian dari koordinasi yang kuat oleh pemerintah daerah untuk memastikan pengembangan wilayah pesisir dengan pendekatan pengelolaan wilayah pesisir yang terintegrasi,” kata Zaki.

Hari ini, delegasi dari 11 negara anggota PNLG tiba di Kabupaten Tangerang untuk menghadiri forum yang telah disiapkan sejak Desember 2021. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah Forum PNLG 2022.

“Program Gerbang Mapan sudah kita miliki, dengan segala hal yang telah kita lalui dan lakukan, mungkin masih ada beberapa kekurangan, namun sebenarnya dengan mengundang banyak orang, kita akan mendapatkan banyak masukan dan saran untuk pengembangan selanjutnya,” ujar dia Zaki.

Memperbaiki rumah sakit dan membangun ekowisata

Perancangan kawasan pesisir oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang bersifat lintas sektoral dan berkelanjutan. Untuk meningkatkan infrastruktur dasar, Bupati Zaki membangun dan mengoperasikan Rumah Sakit Pantura (Rumah Sakit Pantai), rumah sakit Tipe B yang memfasilitasi akses masyarakat terhadap perawatan medis, serta akses pendidikan dan layanan untuk menyediakan fasilitas air bersih.

Pemerintah Kabupaten Tangerang juga telah membangun pusat rehabilitasi mangrove di Ketapang dan Tanjung Pasir dengan tujuan pendidikan dan ekowisata dan budidaya sebagai bukti nyata pemanfaatan mangrove bagi masyarakat, khususnya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Saat ini terdapat 53 kota pesisir di 12 negara yang tergabung dalam organisasi PNLG. Ke-12 negara tersebut adalah Indonesia, Vietnam, China, Malaysia, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Kamboja, Thailand, Myanmar, Singapura, dan Taiwan. Di Indonesia ada enam kabupaten/kota yang menjadi anggota PNLG: Kabupaten Tangerang, Lombok Timur, Semarang, Bangka Selatan, Bontang dan Sukabumi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button