Kabupaten Cirebon Buka Wisata Kuliner dan Seni Pekalipan - WisataHits
Jawa Barat

Kabupaten Cirebon Buka Wisata Kuliner dan Seni Pekalipan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat membuka wisata kuliner dan seni di Pekalipan untuk menarik wisatawan ke daerah tersebut.

“dulumengganti nama ke salah satu tempat kuliner di Kota Cirebon yaitu kuliner yang ada di Jalan Pekalipan,” kata Iing Daiman, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan, dan Industri (DKUKMPP) Kota Cirebon di Cirebon, Selasa.

Iing mengatakan, wisata kuliner di Pekalipan tidak hanya menyajikan makanan khas Cirebon, tetapi juga menampilkan kesenian khas daerah untuk menarik wisatawan.

Menurutnya, Kota Cirebon belum memiliki tempat kuliner yang bisa dijadikan objek wisata karena masih mengandalkan nama-nama individu seperti Nasi Jamblang, Empal Gentong dan lain-lain.

Saya akan melanjutkan branding pusat kuliner yang ada di Jalan Pekalipan dan berharap nantinya bisa menjadi “One-stop shopping mall, catering dan tourism”.

“Kami ingin makanan dan hiburan ada di sana. Sehingga menarik wisatawan,” ujarnya.

Meski tidak didukung dana APBD, Iing menjelaskan bahwa mereka melibatkan akademisi, pebisnis, pemerintah (Pemerintah), masyarakat (Community) dan media untuk mewujudkan Festival Pusat Kuliner dan Aksi Seni (Pekalipan).

Ditambahkannya, meski nantinya disebut Festival Pekalipan, yang pasti bukan hanya acara sekali seumur hidup, tapi setiap hati bisa dinikmati dan dikunjungi.

“Meskipun namanya festival, itu bukan kebetulan. Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Iing, kawasan Pekalipan akan dibuat lebih indah dan menarik dengan gapura dan lampu hias yang menarik.

Juga akan ada panggung hiburan yang didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata yang melibatkan seniman dan sarjana humaniora. “Seniman dan budayawan akan tampil di sana,” kata Iing.

Source: ihram.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button