Kabupaten Bekasi menjadi co-hosting Provinsi Jawa Barat XIV 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Kabupaten Bekasi menjadi co-hosting Provinsi Jawa Barat XIV 2022

Kabupaten Bekasi menjadi co-hosting Provinsi Jawa Barat XIV 2022

SPORT 09/03/2022 – Diposting oleh : Newsroom Discominfosantik – Dibaca : 125 kali

id5606_Compress_20220903_005756_6444.jpg

Dipimpin oleh Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat Yunyun Yudiana. Tim Pemantau KONI Jabar membahas kesiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar 2022 (Porprov) di Aula BPBD Kabupaten Bekasi. DANI IBRAHIM/ RUANG KABAR/ Disco Infosantik

PUSAT CIKARANG — Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar akan digelar 12-19 November 2022. Kabupaten Bekasi resmi menjadi tuan rumah rangkaian cabang olahraga (Cabor) pada ajang multi-olahraga yang digelar empat tahun sekali ini.

Yunyun Yudiana, Wakil Ketua II Bidang Pengembangan Kinerja Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Barat (KONI), menjelaskan Jabar saat ini telah menetapkan Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah lima cabang olahraga yang ditunjuk.

“Kalau saya lihat venue-venue di Kabupaten Bekasi dan lihat kesiapannya bisa saya akumulasi, rata-rata bisa mencapai 85 persen,” ujarnya usai rapat monitoring di aula kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi. . pada Jumat (2/9/2022) .

Lima cabang olahraga yang baru berdiri adalah sepatu roda cabang olahraga Persatuan Roller Skate Seluruh Indonesia (Perserosi). Panahan, Persatuan Panahan Indonesia (Perpani). Tenis Lapangan Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia (PELTI). Bulu Tangkis, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Tarung Drajat.

Mengenai kesiapan kelima venue tersebut, Yunyun menegaskan, kelima cabang olahraga tersebut dipastikan siap untuk Pemkab Bekasi pada Porprov 2022. Secara umum, keempat cabang olahraga tersebut memiliki 95 persen.

“Sementara lima olahraga sedang diperbaiki yang paling siap untuk venue, empat siap untuk tetap di lapangan tenis. Tempat-tempat lainnya, hampir 95 persen, sudah siap. Hanya lapangan tenis,” jelasnya.

Ia berharap lapangan tenis bisa selesai dalam sebulan. Hasil kajian tim pemantau Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar, kondisinya 50 persen.

“Mudah-mudahan sebulan bisa selesai,” tambahnya.

Yunyun menambahkan, banyaknya venue di Kabupaten Bekasi sangat kondusif untuk penambahan olahraga. Bahkan, hasil audiensi dengan Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) dan KONI Kabupaten Bekasi ditawarkan sejumlah opsi penambahan olahraga.

Terkait hal itu, ia mengungkapkan, hasil pantauan di daerah lain yang menjadi tuan rumah di sana masih menunjukkan beberapa cabang olahraga yang belum stabil.

“Bahkan, sampai saat ini ada beberapa cabang olahraga yang masih bingung mau ke mana karena kemarin tuan rumah juga mengatakan belum stabil (belum siap). Jadi kami berharap seseorang bisa mengatasi ini,” katanya.

Dalam hal ini, Yunyun memastikan Pemkab Bekasi sudah siap. Bahkan, dipastikan akan membantu implementasi di Kabupaten Bekasi.

“Tadi bersama Pak Kadis, kalau tidak ada dinas olahraga yang menandingi dalam pelaksanaannya, Pemkab Bekasi bersedia membantu Porprov,” imbuhnya.

Sedangkan hasil pantauan venue bersama tim KONI Jabar, kata Yunyun, masing-masing tuan rumah sudah siap. Hasil persentase awal adalah 80 persen untuk kabupaten Subang, Kota Banjar, Ciamis dan Garut.

“Semuanya sudah siap,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan mengatakan, tim KONI Jabar melakukan pemantauan dan penilaian selama dua hari untuk Kabupaten Bekasi pada 1-2 September 2022.

Tim monev sendiri fokus pada lima venue sementara yang sudah ditetapkan. Namun tidak menutup kemungkinan ada suplemen yang akan digunakan pada Porprov 2022.

“Bisa lebih dari lima cabang. KONI Kabupaten Bekasi sudah membahas kesiapan venue untuk dua cabang olahraga baru yaitu Kurash dan Sambo,” ujarnya.

Bahkan, Reza menjelaskan, lebih dari satu venue digunakan untuk toko Roller Shoes atau Perserosi. Olahraga sampingan yaitu skateboarding juga sedang dipersiapkan di sekitar Kompleks Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Cikarang Timur.

“Yang kami siapkan untuk Perserosi Sport ini adalah venue skateboarding di Wibawa Mukti. Untuk kecepatan dan gaya bebas di sirkuit Persesosi Grand Wisata. Dan marathon di jalan raya di wilayah Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Tidak seperti itu, Reza menegaskan, sejumlah cabang olahraga tuan rumah lainnya juga akan direlokasi.

“Termasuk renang, kami juga menunggu konfirmasi dari Jawa Barat. Selebihnya, kami masih menunggu lima cabang olahraga lagi dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Garut,” ujarnya.

Reza meminta masyarakat Kabupaten Bekasi mendukung kelancaran pelaksanaan Porprov Jabar 2022.

“Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar kontingen Kabupaten Bekasi bisa kembali menjadi juara umum Porprov,” ujarnya.

Reporter: Dani Moses

Penerbit : Yus Ismail

Source: www.bekasikab.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button