Jurug Perbaikan Jembatan Solo Disetujui, Menggantikan Lantai Lapuk Perforasi - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Jurug Perbaikan Jembatan Solo Disetujui, Menggantikan Lantai Lapuk Perforasi – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Lubang besar akibat lantai kayu lapuk di jembatan Jurug A sedang diperbaiki sebelum dibuka sebagai jembatan darurat roda dua. Foto diambil Senin (2022-10-24) (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Jembatan Jurug A Solo saat ini sedang dipersiapkan sebagai jembatan darurat sementara Jembatan Jurug B ditutup. Jembatan tersebut baru saja melewati serangkaian uji coba yang dilakukan oleh PT Bukaka selaku kontraktor jembatan Jurug B.

Akibatnya, Jembatan Jurug A harus menjalani banyak perbaikan sebelum bisa dibuka untuk roda dua. Hasil pengujian yang dilakukan diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Solo (DPUPR).

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Selain itu, PT Bukaka dan PT Baja Titian Utama telah menyetujui rencana perbaikan jembatan Jurug A Solopos.com, Senin (24/10/2022), PT Baja Titian Utama meresmikan perbaikan jembatan Jurug A.

“[Perbaikan] Jembatan Jurug A Solo sudah disetujui direksi PT Baja Titian Utama dan menginstruksikan PT Bukaka untuk segera diperbaiki jika belum mendapat konfirmasi,” ujarnya.

Mengenai perbaikan, yang diprioritaskan adalah konstruksi rangka dan sol jembatan. Tidak semua lantai jembatan diganti, hanya bagian yang rusak.

Baca Juga: Hasil Uji Jug A Bridge yang Disampaikan ke DPUPR Solo Perlu Banyak Perbaikan

Berdasarkan surveilans Solopos.comSenin (24/10/2022), beberapa titik jembatan Jurug A memiliki lubang menganga yang cukup besar karena lantai kayunya sudah lapuk dimakan usia, bahkan lebar lubang yang ada selebar lengan orang dewasa.

“Yang akan diperbaiki setelah hasil uji kemarin adalah rangka dan lantai jembatan utama. Tidak semua deck jembatan akan diganti, hanya yang rusak saja,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua DPPR Kota Solo Nur Basuki mengatakan sudah menerima hasil uji jembatan Jurug A, namun penentu operasional jembatan ada di tangan Kementerian PUPR karena merupakan jalan nasional.

Baca Juga: Lantai Jurug Jembatan Solo Perlu Perbaikan Sebelum Dibuka Untuk Sepeda Motor

“Kami belum bisa memberikan rekomendasi karena Jembatan Jurug A merupakan jalan nasional, kami hanya bisa berusaha menjadikannya sebagai jalan alternatif,” ujarnya, Senin (17 Oktober 2022).

Berdasarkan catatan Solopos.comJurug A digunakan sebagai jembatan darurat khusus sepeda motor setelah dipastikan kondisi Jembatan Sasak di Beton-Gadingan yang dinilai kurang memadai dari segi keselamatan pengguna. Di sisi lain, masyarakat khususnya pesepeda sangat membutuhkan jalur alternatif yang semakin dekat

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button