Jumlah wisatawan akan meningkat tahun ini - WisataHits
Yogyakarta

Jumlah wisatawan akan meningkat tahun ini

Jumlah wisatawan akan meningkat tahun ini

Antrean wisatawan menyusuri Objek Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (BP/semut)

JAKARTA, BALIPOST.com – Peningkatan jumlah wisatawan tahun ini optimistis. Pasalnya, pemerintah telah mencabut aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (25/1).

“Dengan dicabutnya PPKM ini merupakan angin segar bagi wisatawan, secara psikologis akan mempengaruhi wisatawan dengan anggapan status COVID-19 di Indonesia sudah sangat terkendali,” ujar Menparekraf.

Namun, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif mengingatkan masyarakat untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan. “Kami akan terus mempromosikan program sertifikasi CHSE dan mengambil pelajaran dari pandemi COVID-19,” tambahnya.

Karena itu, Kemenparekraf optimistis dan akan menggenjot sektor pariwisata sehingga bisa tumbuh dua kali lipat tahun ini. Sandiaga berharap pencabutan PPKM ini akan mendorong kunjungan wisatawan mancanegara maupun lokal.

“Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif tahun ini akan menggenjot pertumbuhan sektor pariwisata hingga dua kali lipat. Untuk itu Kemenparekraf menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisman atau mancanegara menjadi 3,5-74 juta, sedangkan target pergerakan wisman atau wisman meningkat menjadi 1,2-1,4 miliar.

“Dengan pencabutan PPKM ini, diharapkan dapat menstimulus kunjungan wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan nusantara di dalam negeri,” imbuhnya.

Di sisi lain, saat libur Imlek kemarin, Sandiaga mengatakan terjadi lonjakan jumlah pengunjung ke sejumlah destinasi wisata populer, berdasarkan sejumlah data.

Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif lebih optimistis meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan tahun ini. “Berdasarkan beberapa data yang kami kumpulkan, terjadi lonjakan jumlah pengunjung ke sejumlah destinasi wisata populer selama libur Imlek 2023. Hingga 23 Januari 2023, sebanyak 956 wisatawan domestik dan mancanegara telah berkunjung ke kawasan Kepulauan Seribu untuk menghabiskan liburan Imlek 2023,” kata Sandiaga.

“Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat sebanyak 37.878 wisatawan berlibur di berbagai objek wisata di wilayah ini selama libur Imlek 2023. Yakni, Humas Taman Margasatwa Ragunan melaporkan adanya peningkatan pengunjung selama libur Imlek 2023 pada Minggu, 22 Januari sebanyak 61.026 pengunjung,” pungkasnya. (Kmb/Balipost)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button