Jumlah penumpang pesawat di bandara AP I meningkat 435 persen di bulan Juli - WisataHits
Jawa Timur

Jumlah penumpang pesawat di bandara AP I meningkat 435 persen di bulan Juli

TEMPO.CO, jakarta – PT Angkasa Pura I melayani 5,08 juta penumpang pada Juli 2022. Jumlah penumpang pesawat tersebut meningkat 435 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau Juli 2021.

“Hal ini karena penyebaran Covid-19 masih sangat tinggi pada Juli lalu, makanya pemerintah menerapkan kebijakan darurat PPKM untuk menekan penyebaran virus tersebut,” kata Faik Fahmi, Presiden Direktur Angkasa Pura I atau AP I, di pernyataannya. Rabu 17 Agustus 2022.

Seiring dengan peningkatan jumlah penumpang, pergerakan penerbangan di 15 bandara yang dikelola perseroan juga naik menjadi 41.946 penerbangan. Sedangkan angkutan kargo meningkat menjadi 37.111 ton.

Dibandingkan tahun sebelumnya, pergerakan penerbangan di bandara AP I meningkat 71 persen pada Juli. Sementara itu, lalu lintas barang meningkat 22 persen.

Dengan tambahan lalu lintas udara pada Juli, AP I telah melayani 27,9 juta penumpang sejak Januari. Sedangkan total pergerakan pesawat tercatat 289.759 dan angkutan kargo 260.945 ton.

AP I mencatat sebagian besar pergerakan penumpang terjadi di Bandara Juanda, Surabaya. Total penumpang di Bandara Surabaya mencapai 5,9 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5,2 juta penumpang berada di rute domestik. Sedangkan 247 juta penumpang lainnya pada rute internasional.

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mencatatkan jumlah penumpang terbanyak kedua dengan total 5,614 juta orang. Di urutan ketiga ada Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan jumlah penumpang yang hampir sama dengan Makassar, yakni 5,612 juta orang.

Faik mengatakan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan pesawat sudah tinggi. “Bahkan Juli 2022 terjadi peningkatan pergerakan penumpang tertinggi dibandingkan enam bulan sebelumnya,” kata Faik.

Baca Juga: Menteri PUPR: Tidak Ada Pembangunan Infrastruktur Baru Kecuali Inpres

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button