Jumlah pengunjung Gua Sunyaragi meningkat saat hari raya Nataru - WisataHits
Jawa Timur

Jumlah pengunjung Gua Sunyaragi meningkat saat hari raya Nataru

Jumlah pengunjung Gua Sunyaragi meningkat saat hari raya Nataru

Cirebon,- Badan Pengelola Taman Air Gua Sunyaragi (BPTAGS) menemukan peningkatan jumlah pengunjung di Obyek Wisata Gua Sunyaragi Cirebon saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Kepala Humas BPTAGS Eko Ardi Nugraha mengatakan, jumlah pengunjung Gua Sunyaragi meningkat 10-15 persen year-on-year sesuai prediksi. Kehadiran tertinggi terjadi pada hari Sabtu dan Minggu selama dua minggu berturut-turut.

Menurut Eko, asal pengunjung masih didominasi 60 persen dari wilayah Cirebon, selebihnya berasal dari kota-kota terluar seperti Jakarta, Bandung, Tegal hingga Surabaya.

“Selama 2 minggu ini, tanggal merahnya di hari Minggu, jadi peningkatan kehadirannya di hari Sabtu dan Minggu. Kebanyakan pengunjung masih dari daerah Cirebon,” kata Eko.

Dari data loket BPTAGS, jumlah pengunjung pada Sabtu (24/12/2022) sebanyak 632 orang, sedangkan jumlah pengunjung pada Minggu (25/12/2022) sebanyak 499 orang.

Sedangkan pada libur tahun baru pada Sabtu (31/12/2022) tercatat 444 pengunjung dan meningkat pada Minggu (1/1/2023) menjadi 808 pengunjung.

“Kenaikan jumlah pengunjung sesuai prediksi, yakni 10-15 persen dibanding tahun sebelumnya. Ini sekaligus membuktikan bahwa kunjungan wisatawan ke Indonesia sudah kembali normal pascapandemi Covid-19,” imbuhnya.

BPTAGS berterima kasih kepada TNI Polri yang telah membantu menjaga keselamatan pengunjung fasilitas wisata yang merupakan tanah hak pusaka Keraton Kasepuhan tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada anggota Kodim 0614 dan Polres Cirebon Kota atas partisipasinya mengamankan objek wisata Gua Sunyaragi selama liburan Nataru ini,” ujar Eko.

Eko menjelaskan, tidak ada kejadian penting di objek wisata Gua Sunyaragi selama liburan Nataru 2023.

“Alhamdulillah liburan tahun ini lancar dan tidak ada kendala,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button