Jumlah penduduk miskin menurun tetapi Kebumen tetap menjadi kabupaten termiskin di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Jumlah penduduk miskin menurun tetapi Kebumen tetap menjadi kabupaten termiskin di Jawa Tengah

Jumlah penduduk miskin menurun tetapi Kebumen tetap menjadi kabupaten termiskin di Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN — Angka kemiskinan di Kabupaten Kebumen akan turun pada tahun 2022, menurut survei Badan Pusat Statistik (BPS). Meski jumlah penduduk miskinnya menurun, Kebumen tetap menjadi kabupaten termiskin di Jawa Tengah.

Hasil survei BPS menunjukkan angka kemiskinan di Kebumen pada tahun 2022 sebesar 16,41 persen atau 196.160 orang, turun 1,42 persen dari tahun 2021 yang mencapai 17,83 persen atau 212.920 orang. Meski masih banyak warga miskin, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menilai penurunan angka kemiskinan cukup baik.

Menurutnya, meski penurunan angka kemiskinan tergolong kecil, keberhasilan tersebut tidak lepas dari sinergi yang baik antar OPD yang berbeda dalam menurunkan angka kemiskinan. “Memang kita sudah mencapai yang tertinggi, tapi ini capaian yang cukup bagus karena OPD bekerja sama memberantas kemiskinan,” ujarnya di Kebumen, Kamis (1/5/2023).

Ristawati menjelaskan, dukungan telah diberikan pemerintah pusat dan kabupaten untuk meringankan beban belanja masyarakat Kebumen. Upaya lain adalah meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memberikan berbagai pelatihan dan permodalan dengan bunga yang rendah. Yang tak kalah penting yakni pengembangan berbagai potensi wisata.

“Kami ada seamount tour dan semuanya akan kami optimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Ristawati.

Dikatakannya, pada tahun 2023 fokus utama Pemkab Kebumen adalah validasi data melalui sinkronisasi terus menerus data yang ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Artinya, data harus benar-benar cocok satu sama lain agar bantuan dapat diberikan dengan akurasi yang tepat.

Sebagus apapun program itu, menurut Ristawati, tidak akan berhasil jika datanya tidak valid. Hasil kajian mendalam antara BPS dan Bappeda juga menunjukkan bahwa penyaluran bansos yang tepat sasaran sangat membantu pemenuhan kebutuhan keluarga prasejahtera.

Meski masih menjadi kabupaten termiskin di Jawa Tengah, Pemkab Kebumen akan menaikkan gaji Petugas Penunjang Kegiatan (P2K)….

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button