Julto Pool, jembatan runtuh di India, berusia lebih dari satu abad dan baru saja direnovasi - WisataHits
Yogyakarta

Julto Pool, jembatan runtuh di India, berusia lebih dari satu abad dan baru saja direnovasi

TEMPO.CO, jakarta – Korban tewas akibat runtuhnya jembatan gantung di Gujarat, India barat, meningkat. Jumlah kematian tercatat mencapai 132 orang.

Bencana tersebut terjadi pada Minggu, 30 Oktober 2022 malam waktu setempat. Saat kejadian itu dilaporkan, lebih dari 400 orang sedang berlibur di jembatan tersebut dan kemudian jatuh ke Sungai Machchu.

Jembatan yang runtuh adalah jembatan pejalan kaki era kolonial abad ke-19 yang membentang di Sungai Machchu di distrik Morbi, Gujarat. Pihak berwenang India mengatakan jembatan itu runtuh karena tidak mampu menopang beban massa yang ada di atasnya.

Selama musim festival Hindu, jembatan menarik ratusan orang ke jembatan yang juga merupakan objek wisata.

Jembatan itu dipahami telah ditutup selama hampir enam bulan untuk renovasi, hanya dibuka kembali sekitar empat hari sebelum kejadian. Usia jembatan ini diperkirakan hampir 150 tahun.

Jembatan ini memiliki panjang 230 meter atau sekitar 754 kaki dan dibangun pada masa pemerintahan Inggris di India pada abad ke-19. Dikenal secara lokal sebagai Julto Pool, ini adalah objek wisata yang populer di daerah tersebut.

Menteri Negara Lokal Harsh Sanghvi mengatakan kepada media lokal bahwa setidaknya 132 orang tewas dalam insiden itu. Pada Senin, 31 Oktober 2022, 50 personel Angkatan Laut dan 30 Angkatan Udara dipanggil untuk membantu pencarian orang hilang bersama dengan tim tanggap bencana nasional, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan. Tim beranggotakan lima orang juga dikerahkan untuk menyelidiki bencana tersebut.

Sebuah siaran TV menunjukkan selusin orang berpegangan pada kabel jembatan yang runtuh sementara kru darurat berjuang untuk mengungsi. Beberapa korban memanjat bangunan yang rusak untuk sampai ke tepi sungai, sementara yang lain berenang ke tempat yang aman. Militer dan personel India dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI | REUTERS

Baca juga: Jembatan penuh turis runtuh di India, menewaskan 81 orang

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button