Jokowi: Prokes adalah hal terpenting dalam menyambut wisatawan China - WisataHits
Jawa Timur

Jokowi: Prokes adalah hal terpenting dalam menyambut wisatawan China

Jokowi: Prokes adalah hal terpenting dalam menyambut wisatawan China

JAKARTA (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penerapan protokol kesehatan menjadi aspek terpenting dalam destinasi wisata Indonesia saat menerima wisatawan mancanegara, termasuk yang berasal dari China.

“Wisatawan, kita buka lagi untuk turis dari mana saja. Tapi yang kami lihat terutama berasal dari China. Yang terpenting adalah protokol kesehatan,” kata Presiden Jokowi, Jumat saat berkunjung ke kawasan wisata Bunaken di Manado, Sulawesi Utara.

Presiden Jokowi mengatakan pihak berwenang di China telah memeriksa warganya yang ingin bepergian ke luar negeri.

“Jadi kita tidak perlu khawatir,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga menilai tingkat imunitas di Indonesia cukup tinggi untuk memungkinkan turis asing masuk ke Tanah Air, yakni 98,5.

Oleh karena itu, Presiden mengatakan tidak ada larangan seperti kewajiban isolasi bagi wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia.

Tidak ada, tidak ada, kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, pada awal Februari 2023 banyak wisatawan mancanegara terutama dari China yang akan berkunjung ke Manado di Sulut.

Sejak 8 Januari 2023, otoritas China telah membebaskan warganya ke luar negeri untuk berbagai tujuan.

Mulai tanggal ini, China juga akan membebaskan pelancong internasional dari persyaratan karantina setibanya di China.

Kebijakan ini merupakan bentuk pelonggaran setelah China secara ketat menerapkan kebijakan zero-case COVID-19 selama hampir tiga tahun, mencegah penduduk lokal bebas bepergian ke luar negeri.

Namun, beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan anggota Uni Eropa telah memberlakukan pembatasan terhadap warga negara China yang memasuki negara tersebut karena China dianggap kurang transparan dalam melaporkan perkembangan terbaru COVID-19.

China menuduh negara-negara tersebut melakukan perilaku diskriminatif. China meluncurkan tindakan balasan terhadap Jepang dan Korea Selatan dengan tidak mengeluarkan visa kunjungan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button