Jika melihat museum BPK di Magelang apa saja koleksinya? - WisataHits
Yogyakarta

Jika melihat museum BPK di Magelang apa saja koleksinya?

Magelang

Mungkin banyak yang belum tahu, di Kota Magelang terdapat museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Apa yang ada di museum ini?

Museum BPK RI terletak di kompleks gedung Bakorwil Magelang. Gedung ini dulunya merupakan gedung pertama sebagai kantor BPK, kemudian digunakan sebagai museum.

Direktur Museum BPK RI Dicky Dewarijanto mengatakan, keberadaan Museum BPK mencoba menginformasikan segala hal yang berkaitan dengan BPK. Dimulai dengan awal mula sejarahnya, kegiatannya, struktur organisasinya dari masa ke masa.

“Kami juga menunjukkan aspek humanistik para ketua BPK dari waktu ke waktu. Kemudian kami juga memiliki ruang titik nol dan menginformasikan kepada BPK dari waktu ke waktu dari sisi situs mulai dari Kota Magelang, yang lahir di sini pada tanggal 1 Januari 1947, satu kurang lebih di Kota Magelang dan pindah ke Yogyakarta pada tahun 1948, ” kata Dicky, Sabtu (22/10/2022) kepada wartawan di Museum BPK RI.

Museum BPK RI buka Selasa sampai Minggu. Mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Museum ini dapat dikunjungi secara gratis.

“Perlu juga dicatat bahwa kunjungan itu tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis,” katanya.

Dicky menambahkan, Museum BPK memiliki koleksi mobil Volvo. Saat museum direnovasi pada 2016, pihaknya menggelar pertemuan dengan pimpinan BPK untuk mendapatkan barang kenang-kenangan.

“Salah satunya menyampaikan niatnya saat berkunjung ke keluarga Pak M. Yusuf di Makassar. Syukurlah dia punya mobil Volvo. Mobil tersebut merupakan penghargaan pemerintah kepada M. Yusuf pada tahun 1994 ketika beliau pensiun dan mendapatkan mobil tersebut pada tahun 2016. Begitulah kira-kira 20 tahun lalu, ada yang luar biasa karena kilometernya masih sekitar 4.000 km,” ujarnya.

Koleksi baru museum

Saat ini Museum BPK RI mendapat tempat baru berupa informasi tentang pembentukan Lembaga Pemeriksa Keuangan ke-20 (SAI-20) Agustus lalu di Bali. Tempat ini berada di depan museum.

Ada sejumlah replika yang digunakan dalam SAI-20. Baik berupa palu, peniti, nomor kendaraan yang digunakan para delegasi, bendera negara masing-masing delegasi atau video.

“Kami ingin memanfaatkan dan mendokumentasikan perjalanan (SAI-20) ke Museum BPK di Magelang. Maka ini merupakan upaya untuk menjaga momen sejarah berdirinya SAI-20, dimana ketua pertama SAI-20 berada di Indonesia, dalam hal ini BPK, untuk menyampaikan kenangan dan pandangan serta sebagai tanda sejarah bahwa BPK mendirikan SAI-20,” kata Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional BPK, Yudi Ramdan Budiman.

Museum BPK RI di kota Magelang.Museum BPK RI di kota Magelang. Foto: Eko Susanto/detikJateng

Saksikan video “Wisata di Kayangan Negeri Magelang Menghadirkan Keindahan Kabut dan Pegunungan”.
[Gambas:Video 20detik]
(saya saya)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button