Jendela Alam, Wisata Edukasi Seru dan Edukatif di Lembang - WisataHits
Jawa Barat

Jendela Alam, Wisata Edukasi Seru dan Edukatif di Lembang

menjawab – Atraksi edukasi menjadi pilihan paling banyak diminati para orang tua yang berlibur bersama anak. Dari sekian banyak wisata edukasi yang ada di Indonesia, Jendela Alam adalah salah satunya.

Bukan tanpa alasan wisata edukasi menjadi pilihan utama para orang tua saat menghabiskan waktu bersama anak-anaknya.

Di tempat wisata edukasi, anak-anak bergembira sambil belajar. Tentunya hal ini sangat berguna untuk mengisi waktu selama liburan.

Indonesia sendiri memiliki sejumlah tempat wisata edukasi. Tempat-tempat ini memanfaatkan kekayaan alam dan fauna negara untuk menjadikannya tempat yang tidak membosankan.

Jendela Alam merupakan tempat wisata edukasi untuk dikunjungi bersama keluarga saat berlibur.

img_title

jendela alami. (Foto: Icha Khairisa)

Di Jendela Alam pengunjung bisa menemukan berbagai aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan oleh anak-anak, dewasa atau bahkan bersama-sama.

Ini pasti akan menjadi momen yang menyenangkan untuk diingat. Tidak hanya bermain sambil belajar, pengunjung juga bisa membuat kenangan berharga bersama keluarga.

Seperti apa tempat wisata edukatif Window of Nature itu? Berikut artikel yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kegiatan di jendela alam

img_title

jendela alami. (Foto: Blog Reservasi)

Meski merupakan tempat wisata edukasi, Jendela Alam menawarkan banyak aktivitas yang terbagi dalam beberapa kelompok. Yang mana mereka?

jendela pendidikan

Di etalase edukasi, pengunjung akan menemukan berbagai makhluk di dalamnya, mulai dari tumbuhan hingga hewan.

Pengunjung tidak hanya diperkenalkan dengan spesies tumbuhan dan hewan tersebut, tetapi juga cara membudidayakan dan merawatnya.

Kegiatan pada jendela pendidikan dirinci lebih lanjut menjadi lima kegiatan, antara lain:

Tur untuk pecinta alam

Di Wisata Alam Sahabat, pengunjung akan berkeliling kawasan ini dengan pemandu. Pemandu wisata memberikan informasi tentang benda-benda yang terletak di sana.

Area hidroponik, area tanaman obat, rumah kaca tomat ceri, dan rumah jamur tiram bisa Anda temukan di wisata Friends of Nature.

Tak hanya itu, ANTV lovers. Di wisata Sahabat Alam Anda juga bisa melihat dan mengunjungi rumah kuda poni dan kambing etawa.

Selain itu, mereka juga memiliki peternakan dengan berbagai jenis hewan, seperti ayam arab, kelinci, rusa tutul, dan rumah reptil! Pekerjaan yang menarik, bukan?

Berkebun konvensional

Kegiatan ini tidak kalah serunya dengan yang ada di Sahabat Wisata Alam. Ini karena pengunjung belajar cara bercocok tanam dengan cara tradisional!

Kegiatan ini menyediakan bibit dan perlengkapan tanam bagi pengunjung. Di bawah bimbingan seorang moderator, pengunjung akan diberikan petunjuk terperinci tentang cara menanam tanaman dan cara merawatnya.

Panen tomat ceri

Anak-anak mungkin mengenal tomat. Tapi bagaimana dengan tomat ceri?

Kegiatan ini memperkenalkan pengunjung pada tomat ceri. Moderator akan memberikan informasi tentang buah ini, mulai dari nilai gizinya hingga cara membudidayakannya.

Yang tak kalah asyiknya, anak-anak bisa memetik dan bahkan membawa tomat ceri sebanyak yang mereka mau!

panen telur

img_title

jendela alami. (Foto: Libur.co)

Jika dulu anak-anak belajar tentang tomat ceri, sekarang mereka diajarkan tentang telur.

Telur tentu bukan lagi makanan asing bagi anak-anak. Makanan ini sering dijumpai dalam menu sehari-hari.

Kegiatan ini membantu pengunjung, terutama anak-anak, untuk mengetahui asal-usul telur tersebut. Anak-anak juga akan mendapatkan informasi menarik tentang ayam.

Tak hanya itu, ANTV lovers. Daya tarik dari kegiatan ini adalah anak-anak mendapatkan wadah dan mengambil telur langsung dari peternakan. Bahkan, telurnya bisa dibawa pulang!

berburu harta karun

Kegiatan di etalase pendidikan diakhiri dengan kegiatan seru yaitu berburu harta karun!

Dalam kegiatan ini, pengunjung dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat peta buatan sendiri dan kompas.

Setiap kelompok harus bekerja sama untuk menemukan harta karun tersebut. Caranya adalah dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.

Kegiatan ini dijamin seru dan bermanfaat. Selain menyenangkan, keterampilan anak dalam kerja tim, pemetaan, dan pemecahan masalah dilatih dan ditingkatkan.

jendela permainan

img_title

jendela alami. (Foto: Instagram @jendelaalambande)

Seperti namanya, jendela permainan penuh dengan aktivitas permainan yang menyenangkan dan mengasyikkan!

Jendela Permainan menawarkan berbagai aktivitas. Yang mana mereka?

Permainan lucu

Fun Games akan menjadi kegiatan yang super seru setelah anak-anak belajar di area Education Window.

Di Fun Games, anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memainkan beberapa permainan seru seperti: B. Balap empat langkah, tongkat air terapung, tarik tambang, transfer balon dan lain-lain.

Ini pasti akan membuat anak-anak terhibur. Selain itu, tentunya kemampuan mereka untuk bekerja dalam tim juga dilatih dalam game ini.

Mengendarai

Jendela permainan memiliki kuda poni untuk ditunggangi anak-anak.

Tentunya kegiatan ini disertai dengan pemandu agar anak-anak dapat menaiki kuda poni dan bergerak dengan aman di sekitar area khusus berkuda.

pompa air mini

Daya tarik lain dari Mini Ala Window adalah mini waterboom di dalamnya. Anak-anak bisa berenang dan bermain di waterboom mini ini. Setelah belajar dan bermain, dijamin anak-anak akan senang di kolam renang ini.

perang air

Meski namanya Water War, game ini tidak mengambil tempat di kolam renang.

Pertempuran air terjadi di lapangan di sana. Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan saling serang dengan air yang tersedia. Menyenangkan, bukan?

untuk menangkap ikan

img_title

jendela alami. (Foto Hargatiket.net)

Bayangkan betapa seru dan semaraknya saat anak-anak mencoba menangkap ikan yang berenang bebas di air. Meski terdengar sulit, permainan ini dijamin seru dan membangkitkan semangat dan keceriaan pada anak-anak.

Dalam permainan ini anak-anak harus menangkap ikan di sungai buatan. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga melatih kemampuan motorik anak.

menggembala bebek

Dalam permainan ini anak-anak dibawa ke lapangan dan mereka harus menggiring bebek dari satu kandang ke kandang lainnya. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi kenyataannya tidak demikian.

Bebek-bebek ini lari ke arah lain, jadi anak-anak harus menggiring mereka kembali ke kelompok untuk masuk ke kandang. Aktivitas yang unik dan seru bukan?

jendela bengkel

Kegiatan Window Workshop menyenangkan dan mendidik. Bengkel di area ini meliputi:

  • Workshop bedah anatomi hewan
  • Bengkel telur
  • Bengkel biogas
  • Workshop pembuatan kompos
  • bengkel Takakura

jendela seni

Di Jendela Seni, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seni yang menyenangkan dan kreatif seperti; B. kerajinan organik, lalu hias naga dan tanah liat.

Pengaturan jendela alami

img_title

jendela alami. (Foto: Tempat Wisata di Bandung)

Fasilitas di Jendela Alam cukup lengkap. Jendela Alam memiliki taman bermain dan kolam renang untuk anak-anak, mushola, toilet, aula dan parkir yang luas.

Biaya masuk ke jendela alam

img_title

jendela alami. (Foto: Bandoeng)

Harga tiket Window of Nature berbeda pada hari kerja dan akhir pekan. Namun, kedua biaya tersebut relatif murah.

Biaya masuknya adalah Rp 15.000 pada hari kerja (Senin sampai Jumat) dan Rp 20.000 pada akhir pekan dan hari libur.

Pengunjung kembali dikenakan biaya untuk menikmati beberapa wahana lainnya. Namun harganya masih cukup terjangkau yaitu Rp 20-60.000.

Jam buka dan lokasi Jendela Alam

img_title

jendela alami. (Foto: NativeIndonesia.com)

Jendela Alam buka setiap hari, namun jam buka berbeda pada weekdays dan weekend.

Pada hari kerja (Senin sampai Jumat) Jendela Alam buka mulai pukul 10.00-17.00 WIB, sedangkan pada akhir pekan buka satu jam lebih awal yaitu pukul 09.00-17.00 WIB.

Jendela Alam terletak di Kompleks Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri, Km 4,5, Cihideung, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button