Jembatan Teluk Kendari, jembatan kebanggaan Sulawesi Utara - WisataHits
wisatahits

Jembatan Teluk Kendari, jembatan kebanggaan Sulawesi Utara

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Wr. Soepratman, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Saat Anda berlibur ke Teluk Kendari, pertama-tama Anda akan melewati jembatan ikonik tersebut. Jembatan yang baru dibuka pada Oktober 2020 ini menjadi ikon baru di Provinsi Sulawesi Tenggara. Peresmian jembatan ini dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Jembatan ini dibangun untuk menjadi fasilitas pendukung dalam pengembangan Pelabuhan Bungkutoko dan kawasan Konawe yang akan dijadikan kawasan industri. Keberadaan jembatan ini dapat semakin mempermudah akses dan konektivitas dalam mencapai mobilitas, baik mobilitas barang, jasa maupun mobilitas manusia dapat beroperasi dengan lebih efisien.

Selain mengedepankan mobilitas, jembatan ini juga menawarkan panorama yang sangat indah. Dari atas jembatan ini, Anda bisa melihat indahnya hamparan Teluk Kendari di sekitarnya. Hal ini tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melewatinya.

Atraksi Jembatan Teluk Kendari

Atraksi Jembatan Teluk KendariKredit Gambar: Instagram SSC Indonesia Kendari

1. Panorama Keindahan Teluk Kendari

Menjadi penghubung antara kawasan Poasia atau kota tua yang dipisahkan oleh sebuah teluk membuat tampilan jembatan terlihat begitu indah. Menyeberangi jembatan ini berarti Anda sudah melewati teluk ini.

Keindahan yang bisa Anda lihat dari atas jembatan ini adalah sejuknya hamparan air teluk, serta indahnya tampilan pepohonan yang rimbun di sekitar teluk.

2. Keindahan perbukitan yang terlihat

Selain memiliki keindahan hamparan air teluk dan pepohonan yang rimbun, jembatan ini juga menawarkan keindahan perbukitan yang bisa memukau siapa saja. Meski terpencil, perbukitan ini tetap bisa mempercantik suasana di sekitar Anda.

3. Waktu tempuh hanya dalam 3-5 menit

Sebelum jembatan ini dibangun, bagi Anda yang ingin menuju ke daerah lain di ujung setiap teluk di Kendari, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 30-35 menit dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. Perjalanan ini diambil mengelilingi teluk yang indah ini. Selain berkeliling, Anda juga bisa menyeberangi teluk untuk sampai ke dasar teluk.

Namun, setelah membangun Jembatan Teluk Kendari, Anda tidak perlu lagi repot berputar untuk mengitari teluk, cukup melalui jembatan ini Anda sudah bisa mencapai ujung teluk. Waktu yang dibutuhkan juga cukup singkat, yaitu hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan efisiensi waktu bagi Anda.

4. Jaraknya sangat jauh

Atraksi yang dimiliki Bay BridgeKredit Gambar: Instagram SSC Indonesia Kendari

Jembatan ini memiliki jarak yang cukup jauh dari ujung yang satu ke ujung yang lain. Total panjang jembatan ini diperkirakan 1,35 kilometer. Jarak yang begitu jauh menjadikan jembatan ini sebagai jembatan terpanjang ketiga di Indonesia setelah Jembatan Suramadu dan Jembatan Pulau Balang.

Meski jaraknya begitu jauh, jembatan ini ternyata memiliki konstruksi dengan kualitas keamanan yang baik. Hal ini juga ditunjukkan dengan diperolehnya sertifikasi Bridge Safety Commission.

5. Memiliki Keunggulan Strategis

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari bertujuan untuk mendukung dan memperlancar konektivitas Pulau Bungkutoko dan Pulau Proasia yang terletak di wilayah selatan kota Kendari. Pembangunan jembatan dapat mengubah kawasan ini menjadi kawasan industri, kawasan pemukiman baru dan juga pelabuhan baru Kendari.

6. Terhubung dengan Ring Road

Daya tarik lain dari Jembatan Kendari yang ikonik adalah terhubung langsung dengan jalan lingkar luar dengan jalan raya nasional di Kendari. Ditambah dengan lokasinya yang menghadap ke perairan biru, menciptakan keindahan yang menawan. Anda bisa melewatinya sambil menikmati keindahan yang disajikan untuk Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Jembatan TelukKredit gambar: Facebook Masyhuri Arifin

Jembatan Teluk Kendari adalah sebuah jembatan yang terletak di Kabupaten Kendari, tepatnya di Jalan Tinumbu. Untuk menuju kawasan ini, Anda bisa menempuh perjalanan dari jalan tol, jalan tol ini tergolong jalan terdekat dan tercepat yang bisa ditempuh.

Jika Anda berada di daerah lain, Anda bisa menggunakan jalur udara untuk menuju Kota Kendari di Sulawesi Tenggara terlebih dahulu. Dalam perjalanan udara, Anda perlu menyiapkan anggaran lebih, karena perjalanan yang akan Anda lalui tidak terlalu dekat.

Misalnya, jika Anda berada di Jakarta, Anda harus terbang ke Sulawesi Tenggara. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi jembatan. Meski harus merogoh kocek yang besar, bisa jadi sebanding dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan darinya.

Karena kawasan jembatan ini masih tergolong baru bagi masyarakat, maka tidak dikenakan biaya masuk. Oleh karena itu, mengunjungi tempat ini akan sangat menguntungkan Anda. Anda bisa menikmati semua keindahan Teluk Kendari secara gratis.

Dari jembatan ini Anda bisa mengunjungi teluk yang letaknya bersamaan dengan jembatan tersebut. Teluk ini juga bisa dikunjungi tanpa harus membayar biaya masuk. Anda mungkin hanya dikenakan biaya perawatan normal atau parkir dan biaya untuk menggunakan fasilitas tertentu. Namun tidak perlu khawatir, karena biaya yang akan dikenakan relatif terjangkau.

Jembatan dan Teluk Kendari ini bisa Anda kunjungi kapan saja, bahkan saat hari libur sekalipun. Jam bukanya juga buka 24 jam sehari alias tidak pernah tutup. Dengan demikian, Anda tidak akan terburu-buru kehabisan waktu dan bisa menikmati keindahan objek wisata bahari tanpa kendala waktu. Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk berlibur bersama.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Jembatan Teluk Kendari

Aktivitas di Jembatan Teluk KendariKredit Gambar: Instagram Sugito Arisandi

1. Perjalanan perahu di teluk

Lokasinya di Teluk Kendari, Anda bisa menikmati wahana perahu di teluk. Dengan menaiki perahu, Anda bisa berlayar mengelilingi teluk sambil menikmati airnya yang jernih dan pemandangan dek yang sangat indah jika dilihat dari bawah.

Selain itu, Anda juga bisa naik kapal feri yang sebelumnya digunakan untuk transportasi dari Kota Poasia ke Kota Lama dan sebaliknya. sebelum Jembatan Teluk Kendari. Namun karena sudah ada jembatan, penggunaan feri sebagai alat transportasi mulai sedikit digunakan.

2. Berburu Foto

Baik di dek maupun di teluk, kawasan ini menawarkan banyak spot cantik dan menarik untuk berpose dan berfoto. Didukung dengan latar belakang teluk yang begitu menawan, bisa membuat Anda ingin terus mengabadikan momen-momen liburan spesial di kawasan ini.

Di sini Anda bisa mendapatkan banyak foto instagramable yang kemudian dapat Anda unggah ke jejaring sosial pribadi Anda. Disarankan datang saat cuaca cerah, karena pada hari cerah air di teluk dapat memantulkan warna langit yang biru cerah. Apalagi saat matahari terbenam, kawasan ini juga terlihat begitu eksotis sehingga indah saat difoto.

3. Jalan-jalan sambil menikmati keindahan teluk

Berjalan kaki di kawasan ini merupakan kegiatan yang sederhana, cukup menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa menghilangkan rasa bosan dengan berjalan kaki menyusuri jembatan yang baru dibangun pada tahun 2020.

Sambil berjalan, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan Teluk Kendari dan melihat kendaraan yang berlalu lalang, yang bisa menenangkan Anda setelah seharian sibuk sekolah dan bekerja.

4. Berburu kuliner

Di area sekitar teluk dan jembatan, terdapat beberapa pedagang kaki lima dan kios yang menawarkan berbagai makanan lokal. Anda bisa menyantap hidangan dengan cita rasa istimewa ditemani pemandangan indah kawasan ini.

Jika Anda datang di sore hari, Anda juga bisa menikmati pemandangan eksotis yang romantis di malam hari sambil menyantap berbagai makanan yang telah Anda beli. Tentunya bisa menjadi pengalaman berburu kuliner sambil menikmati keindahan alam yang memikat.

Fasilitas yang tersedia di area dek

Fasilitas di area Bay BridgeKredit gambar: Twitter banyak adalah rofik

Dapat dikatakan fasilitas yang disediakan di kawasan Teluk Kendari dan Teluk Kendari cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain tersedianya area parkir yang cukup luas di area dekat teluk, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk memarkir kendaraan Anda di mana.

Bagi Anda yang beragama Islam, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat salat. Karena di kabupaten ini sudah ada masjid yang juga menjadi icon Sulawesi Tenggara. Ada juga beberapa pedagang asongan dan warung tidak jauh dari lokasi.

Selain itu, jika Anda merasa ingin buang air besar atau kecil saat berlibur, sudah tersedia fasilitas sanitasi yang bisa digunakan pengunjung. Tidak perlu khawatir dengan kualitas kebersihan di ruang sanitasi, karena kamar mandi di ruang ini memiliki kebersihan yang cukup terjaga.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang kawasan wisata Jembatan Teluk Kendari yang baru. Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi tempat ini dan menikmati segala keindahan yang ditawarkannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button