Jembatan penuh turis runtuh di India, menewaskan 81 orang - WisataHits
Yogyakarta

Jembatan penuh turis runtuh di India, menewaskan 81 orang

TEMPO.CO, jakarta – Sebuah jembatan era Inggris di kota Morbi Gujarat di India runtuh hanya seminggu setelah direnovasi. Insiden tersebut menewaskan sedikitnya 81 orang dan 100 orang lainnya tercecer setelah jatuh ke sungai.

Jembatan yang dibuka kembali empat hari lalu setelah direnovasi itu dipadati warga saat ambruk sekitar pukul 18.30 waktu setempat pada Minggu, 30 Oktober 2022. Karena itu adalah hari libur Diwali dan hari Minggu, banyak turis berada di jembatan yang membentang di sungai Macchu.

Saksi mata mengatakan beberapa wanita dan anak-anak berada di jembatan gantung ketika jembatan itu rusak. Orang-orang di jembatan jatuh ke air.

Beberapa orang melompat ke jembatan dan menarik kabel besar, kata seorang saksi mata. “Saya datang ke tepi sungai dengan teman-teman setelah jam kantor ketika kami mendengar suara jembatan putus. Kami bergegas ke sana dan melompat ke air untuk menyelamatkan orang-orang,” kata saksi mata. “Kami menyelamatkan beberapa anak dan wanita”.

Seorang pria yang terluka dalam insiden itu mengatakan keruntuhan itu tiba-tiba dan mungkin disebabkan oleh terlalu banyak orang di jembatan. Jembatan itu sebelumnya menjalani renovasi selama hampir enam bulan sebelum dibuka kembali untuk umum pada 26 Oktober, Hari Tahun Baru Gujarati.

Seorang petugas pemadam kebakaran mengatakan perahu dikerahkan untuk menyelamatkan orang-orang dari sungai. “Kami melakukan pekerjaan penyelamatan dengan perahu. Ada sekitar 40-50 orang di sungai,” kata pejabat itu.

Pasukan Tanggap Bencana Nasional membawa tiga tim ke distrik Morbi. Perdana Menteri Bhupendra Patel mengatakan dia sedih dengan tragedi itu.

“Operasi bantuan dan penyelamatan pemerintah sedang berlangsung. Pemerintah telah diinstruksikan untuk memastikan perawatan segera bagi yang terluka. Saya terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah mengenai hal ini,” kata Patel.

Kantor Perdana Menteri (PMO) mengatakan dalam sebuah tweet bahwa Perdana Menteri India Narendra Modi terus berkomunikasi dengan Patel dan pejabat terkait insiden jembatan tersebut. Modi menyerukan agar tim darurat dimobilisasi untuk operasi penyelamatan, menuntut agar situasinya dipantau secara ketat dan terus menerus dan semua bantuan yang mungkin diberikan kepada mereka yang terkena dampak.

KHALEEJ KALI | REUTERS

Baca juga: Pesona Pantai Gwangalli di Busan, Korea Selatan, White Sands dan Glitter Bridges

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button