Jembatan Kretek II Segera Jadi Ikon Wisata Baru di Bantul - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Jembatan Kretek II Segera Jadi Ikon Wisata Baru di Bantul – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Jembatan Kretek Dua yang terletak di Jalan Lintas Selatan (JJLS) Kabupaten Bantul, DIY, merupakan jembatan yang dibangun di atas Sungai Opak yang menghubungkan seluruh pantai selatan di Bantul. (Solopos.com-Antara/Humas Pemkab Bantul)

Solopos.com, BANTUL — Jembatan Kretek II yang menghubungkan Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau Jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) melintasi Sungai Opak atau Laguna Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah selesai dibangun. Rencananya, Jembatan Kretek II akan dibuka saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Kepala Dinas Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Sri Harsono mengatakan, Jembatan Kretek II dibuka agar tidak terjadi antrean kendaraan di Jembatan Kretek I atau jembatan di depan Titik Temu Pembalasan (TPR) Pantai Parangtritis.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

“Kami menghindari penumpukan atau antrean kendaraan di Jembatan Kretek I. Ada risiko kendaraan mengantre di jembatan. Jadi saat pulang, wisatawan bisa ke arah barat melalui jembatan Kretek II lalu ke utara menuju TPR Samas,” kata Harsono saat ditemui di kantornya, Jumat (12/2/2022).

Harsono mengatakan, Jembatan Kretek II yang diharapkan menjadi ikon wisata baru di Kabupaten Bantul sudah rampung. Namun, jembatan tersebut belum dibuka untuk umum, menunggu penyelesaian detail kecil lainnya.

Dia mengatakan jawabannya adalah memasang tanda portabel atau spanduk himbauan untuk mengarahkan wisatawan ke Jogja. Dishub akan melakukan rekayasa lalu lintas bagi wisatawan yang ingin merayakan tahun baru di kawasan pantai selatan.

Baca Juga: Anggaran Kehabisan, Pemkab Bantul Tak Gelar Tempat Wisata saat Natal dan Tahun Baru

“Jika melindas di Pundong Sempalan ini kita akan pandu wisatawan ke kiri lalu ke kanan lewat Jembatan Sogun lalu ke Parangtritis,” ujarnya.

Dishub juga memperhatikan jalan di depan Hotel Gagung, Parangtritis. “Di Hotel Gagung kami kerahkan petugas untuk mengatur akses wisatawan ke pantai,” ujarnya.

Kanitlantas Polres Bantul Iptu Fikri Kurniawan mengatakan, destinasi wisata yang akan diprioritaskan penjagaannya selama libur Nataru adalah pantai dan kawasan Mangunan, hutan pinus di Dlingo dan Pantai Parangtritis.

Baca Juga: Acara TV Analog Di DIY Matikan Anda Sabtu Pagi, Ini Cara Mendapatkan STB Gratis

“Kami sudah menyiapkan posko sebagai penyangga di beberapa tempat. Ada di Piyungan, Sedayu, Srandakan dan kemungkinan posko di TPR Parangtritis,” kata Fikri.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Akhirnya Jembatan Kretek II Penghubung Jalur Pansela di Bantul Dibuka, Ini Jadwalnya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button