Jembatan Gantung Nawacita Bantul, Family Fun Tour, Wahana Lengkap! - WisataHits
wisatahits

Jembatan Gantung Nawacita Bantul, Family Fun Tour, Wahana Lengkap!

Jembatan Gantung Nawacita Bantul, Family Fun Tour, Wahana Lengkap!

Jembatan Gantung Nawacita yang terletak di wilayah Bantul menawarkan pemandangan khas pedesaan, hamparan sawah dan sungai yang sangat memanjakan mata.

Dunia kerja seringkali membuat Anda lelah dan stres. Dari penundaan yang menumpuk hingga pekerjaan yang tidak memuaskan bos maupun pelanggan. Ya, dunia kerja tidak selamanya menyenangkan.

Tapi juga belum tentu menjijikkan. Oleh karena itu, menyegarkan pikiran atau menyejukkan diri dengan berlibur merupakan salah satu obat bius yang ampuh untuk menjaga agar pikiran yang bekerja tetap membara.

Nah, salah satu destinasi liburan yang recommended untuk dikunjungi adalah Jogja. Berbicara tentang destinasi liburan di Jogja memang tidak pernah ada matinya. Seakan tak pernah kehabisan ide, setiap tahun selalu ada objek wisata baru yang hadir di kota Gudeg ini.

Obyek wisata yang ditampilkan pun beragam, mulai dari wisata alam, wisata hiburan, wisata bahari, wisata sejarah hingga wisata kuliner bisa Anda temui di sini. Baru-baru ini objek wisata baru yang viral di kalangan wisatawan adalah Jembatan Gantung Nawacita.

Dengan demikian, tempat wisata baru ini berada di wilayah Bantul. Awalnya, keberadaan jembatan ini hanya sebagai penghubung antara kecamatan Pajangan dan Bantul. Namun, karena menawarkan pemandangan yang indah, banyak orang yang berswafoto di sana. Hingga akhirnya tempat ini berubah menjadi tempat wisata yang Instagrammable.

Kunjungi juga: Air Terjun Seribu Batu, Bantul

Ya, karena tempat ini telah dipercantik dengan adanya taman bermain bernama Taman Puspa Gading dengan latar belakang pemandangan alam pedesaan, sawah yang hijau dan sungai yang mengalir deras, Jembatan Gantung Nawacita bisa langsung menarik perhatian wisatawan.

Jembatan Gantung Nawacita yang juga menghubungkan objek wisata Gua Selarong ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada sore hari.

Jembatan Nawacita di Desa Tegaldowo, Bantul kini menjadi destinasi wisata via TribunjogjaJembatan Nawacita di Desa Tegaldowo, Bantul kini menjadi destinasi wisata via Tribunjogja

Jembatan itu sendiri mulai dibangun pada 2019 dan menelan biaya sekitar Rs 3,8 miliar. Ternyata kini jembatan ini tak hanya menjadi penghubung antar desa, tapi juga menjadi destinasi wisata baru yang menarik bagi masyarakat setempat.

Jembatan dengan lebar 1,8 meter dan panjang 60 meter ini menarik perhatian banyak pengunjung, bahkan wisatawan Jawa Tengah dan peminat DIY adalah pengunjung destinasi ini. Wisatawan yang datang ke sini tak lupa berswafoto di tengah jembatan yang menghubungkan Dusun Tegaldowo, Desa Bantul hingga Dusun Kembangputih, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan.

Kunjungi juga: Gua Selarong, Bantul

Bukan hanya jembatannya yang menjadi daya tarik tersendiri, namun ada patung dari penerbit RI Soekarno yaitu paviliun Handoko Budaya yang juga menjadi daya tarik tersendiri.

Dan dengan kerjasama antara pemerintah desa Bantul dengan masyarakat setempat maka terciptalah juga taman Puspa Gading yang dilengkapi dengan berbagai permainan untuk anak-anak mulai dari kolam renang hingga kolam terapi ikan, serta pusat kuliner.

Sehingga kini jembatan gantung ini seolah menjadi destinasi wisata terpadu dengan taman bermain yang lengkap. Tak heran jika tempat ini ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau saat liburan, bahkan saat weekday juga menjadi tujuan keluarga untuk bermain di sekitar jembatan ini.

Menurut data, saat liburan, Jembatan Nawacita dikunjungi 2.500 wisatawan dengan pendapatan dari parkir saja mencapai 8 juta belum termasuk pendapatan dari pusat kuliner yang menyajikan menu khas Bantul.

Oleh karena itu merupakan anugerah bagi warga setempat, karena penghasilan dari berdiri sendiri dalam sehari bisa mendatangkan hingga Rp 200 ribu rupiah.

Periksa juga: Pasar Seni Gabusan, Bantul Handicraft Mall

Jembatan gantung Nawacita dari ketinggianJembatan gantung Nawacita dari ketinggian

Lokasi dan Tiket Jembatan Gantung Nawacita

Jembatan Gantung Nawacita terletak tidak jauh dari kawasan wisata Goa Selarong, tepatnya di perbatasan antara Dusun Tegaldowo, Desa Bantul, Kec. Desa Bantul dan Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kab. Bantul.

Lokasi objek wisata ini berjarak 12 kilometer atau memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jogja. Selama ini, hanya biaya parkir yang dibebankan kepada pengunjung untuk tiket masuk. Jam berkunjung adalah pukul 08.00 hingga 18.00.

Pesona Jembatan Gantung Nawacita

Sebelumnya disebutkan bahwa Jembatan Gantung Nawacita menawarkan pemandangan khas pedesaan, hamparan sawah dan aliran Sungai Bedog. Ada juga taman bermain dan tempat selfie bernama Taman Puspa Gading.

Tempat ini cocok untuk Anda yang memang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota dan tumpukan deadline pekerjaan untuk sementara waktu. Tempat wisata ini juga cocok dijadikan tempat untuk quality time bersama keluarga tercinta atau orang terdekat lainnya.

Fasilitas umum yang bisa Anda temukan di sini adalah gazebo, kolam anak, terapi ikan, bilik, dan beberapa fasilitas lainnya. Kedepannya, tempat wisata ini juga akan dilengkapi dengan dogfish dan arung jeram.

Penutupan

Nah itulah informasi tentang objek wisata Jembatan Gantung Nawacita dengan pemandangan khas pedesaan, hamparan sawah dan aliran sungai yang memanjakan banget.

Bagi Anda yang ingin berwisata bersama keluarga, tempat ini sangat cocok untuk Anda masukkan ke dalam daftar liburan Anda. Selamat berlibur, ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan, kelestarian dan keindahan lingkungan alam.

Kunjungi juga: Pantai Pelangi, Bantul

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button