Jembatan Ampera, ikon kemegahan kota Palembang di tepi Sungai Musi - WisataHits
wisatahits

Jembatan Ampera, ikon kemegahan kota Palembang di tepi Sungai Musi

Menjembatani Amper menjadi ikon kota palembang, sumatera utara di tepi Sungai Musi. Jembatan ikonik ini menjadi tujuan populer para wisatawan untuk menikmati sunset, kuliner, dan berbagai aktivitas seru lainnya.

Harga tiket: -, Jam operasional: 24 jam, Alamat: kota Palembang, di selatan Sumatera; Kasus: Cek lokasi

Negara kepulauan dengan iklim tropis, Indonesia memiliki karakteristik alam yang luar biasa. Sektor pariwisata juga berkembang pesat dari waktu ke waktu. Destinasi wisata alam dan buatan, keduanya mampu menarik wisatawan. Di antara berbagai tempat di Indonesia, Jembatan Ampera adalah salah satunya.

Jembatan ikonik ini bisa Anda temukan di kota Palembang, Sumatera Selatan. Nama jembatan ini sebenarnya merupakan akronim dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan Yann yang panjang ini dibangun memanjang hingga 1117 meter.

Jembatan Ampera merupakan akses jalan di atas sungai yang menghubungkan dua kota berbeda ini, yang sebenarnya telah menjadi ikon kota Palembang. Jembatan Musi. Dengan batas lebar 22 meter, jembatan ini menjadi tempat lintas bagi pengendara. Perlu Anda ketahui bahwa dulunya, kapal-kapal besar sering melewati Jembatan Ampera, sehingga desain di tengah jembatan dibuat fleksibel, yaitu dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. .

Atraksi Jembatan Ampera

Atraksi Jembatan AmperaKredit gambar: Google Maps Winda Harun

1. Berkilau di malam hari

Bagi Anda yang menyukai wisata malam, Jembatan Ampera bisa menjadi tempat yang tepat untuk liburan yang berkesan. Meski merupakan jembatan penghubung Sungai Musi, jembatan ini tetap menjadi primadona pariwisata di sini. Hal ini dikarenakan jembatan tersebut unik dan tentunya berukuran besar.

Banyak wisatawan yang tertarik dengan keindahan jembatan di malam hari. Pasalnya, saat matahari kembali ke kontes, Anda akan melihat gemerlap lampu jalan yang begitu indah. Hal ini karena adanya kolaborasi warna pada deck ini.

Apalagi di sini kamu juga akan melihat puluhan lampu hias yang eye catching. Dimana nyala api yang dihasilkan bervariasi. Ini pasti tempat yang instagenic.

2. Puluhan Wisata Kuliner di Palembang

Bagi Anda yang menyukai wisata kuliner, Palembang telah Anda liput. Salah satu daya tariknya adalah lokasi wisata kulinernya. Tempat ini berada di kawasan Taman Jembatan Ampera. Ada berbagai produk kuliner Palembang yang bisa Anda coba.

Tempat ini akan menawarkan perasaan makan dengan pemandangan sungai yang luas. Selain itu, Anda juga akan melihat bahwa jembatan ini memang layak menjadi ikon kota Palembang. Mengingat desain arsitekturnya yang unik, tidak heran jika banyak orang yang mendapatkan beras dengan berjualan di sekitar jembatan.

3. Pesona Sungai Musi terbentang indah

Daya tarik selanjutnya adalah Sungai Musi. Seperti diketahui, Sungai Musi merupakan sungai saluran yang sangat lebar. Sungai ini biasanya menjadi salah satu lorong bagi kapal-kapal besar. Untuk ini, akan menjadi pemandangan yang sangat epik untuk melihat Sungai Musi dari Jembatan Ampera.

Meski bentang tengah jembatan tidak bisa lagi diangkat, tempat ini tetap menjadi ikon kota yang unik dan menarik. Dibangun oleh tangan manusia yang kreatif, jembatan ikonik ini terlihat begitu kokoh.

4. Sejarah Jembatan Ampera

Jembatan yang terletak di pusat kota Palembang ini sebenarnya memiliki sejarah yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Bagaimana tidak, jembatan ini masih abu-abu. Namun seiring berjalannya waktu, jembatan tersebut mulai memiliki warna baru. Sebelum berwarna merah seperti sekarang, jembatan ikonik di kota Palembang ini juga dicat kuning.

Selain itu, Jembatan Ampera juga hanya menjadi titik penyeberangan biasa. Namun zaman berubah dengan manusia yang sepertinya haus akan tempat-tempat indah, jembatan ini menjadi tempat wisata yang unik.

5. Matahari terbenam yang indah

Daya tarik Jembatan Ampera selanjutnya adalah penampakan sunset yang bisa dilihat dari atas jembatan. Bagaimana tidak, saat senja mulai terbit dan matahari kembali berlomba. Perlahan-lahan cahaya oranye muncul di langit. Sehingga Anda bisa melihat indahnya sunset yang menghiasi hari itu.

Oleh karena itu, Anda juga akan melihat pengunjung memadati kawasan wisata pada malam hari. Karena lampu akan menyala indah di sepanjang jembatan yang menghubungkan dua tempat berbeda.

Alamat dan rute menuju lokasi Jembatan Ampera

Alamat Jembatan AmperaKredit gambar: kata sandi Google Maps nopriyanto

Buat kamu yang ingin menjadikan jembatan ikonik ini sebagai tempat liburan, pergilah ke Palembang di Sumatera Selatan. Karena merupakan bangunan ikonik sebuah kota, hingga saat ini Jembatan Ampera terus melakukan pembenahan. Selain itu, dari atas jembatan, Anda akan melihat sebuah benteng bernama Benteng Kuto yang masih sangat kokoh.

Untuk menuju lokasi jembatan, Anda bisa naik bus yaitu Trans Musi Koridor I. Bus akan secara otomatis membawa Anda ke Ampera. Pengunjung hanya perlu duduk dan pengemudi akan membawa Anda ke tujuan yang tepat.

Sama seperti tempat wisata pada umumnya yang mematok harga untuk setiap pengunjungnya, wisata ikonik ini juga sama. Jika melihat kebiasaan secara umum, tiket masuk antara weekday dan weekend memang berbeda. Tapi kamu bisa bahagia, karena Wisata Jembatan Ampera bisa dikunjungi oleh siapa saja secara gratis atau tanpa biaya.

Pasalnya, jembatan ini digunakan sebagai titik perlintasan baik angkutan pribadi maupun angkutan umum. Sehingga siapa pun dapat menyeberangi jembatan dan bepergian ke sini. Untuk itu, Anda bisa mengajak rombongan berwisata ke Palembang untuk menikmati suasana dan kelezatan kuliner di kawasan jembatan ini.

Selain tidak dipungut biaya untuk masuk ke tempat wisata, jembatan ini juga buka 24 jam sehari. Meski begitu, disarankan untuk tidak terlambat. Karena sudah biasa para pedagang kuliner di area taman tutup semua. Jadi pastikan kunjungan Anda berakhir dengan baik.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Jembatan Ampera

Kegiatan Jembatan AmperaKredit gambar: Facebook PalembangInfo

Jembatan yang dibangun sejak tahun 1962 ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, ada juga banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini. Beberapa DJ adalah;

1. Menikmati jajanan khas Palembang berupa Pempek

Seperti yang kita ketahui pempek adalah makanan. Khas Palembang yang disukai banyak orang Indonesia. Nah, di Jembatan Ampera ini kamu bisa menikmati pempek dengan pemandangan Sungai Musi.

Pengunjung dapat langsung menuju ke tepian Sungai Musi, karena di sinilah berbagai warung makan dan tempat makan berada. Selain itu, ada. Penjual pempek bakar keliling. Jadi Anda bisa memilih pempek favorit di Palembang.

Sungai Musi yang lebar, angin yang kencang dan kendaraan yang melintas menjadikan pemandangan yang sangat menarik. Belum lagi pempek yang pedas, asam dan manis. Tentunya hal ini menambah kesan liburan sederhana Anda.

2. Berburu foto keren

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan adalah mencari spot foto menarik. Selain foto di pinggir Jembatan Ampera, Anda juga bisa menemukan tugu Belida di background foto. Ini adalah monumen dengan sejarah yang unik. Seperti diketahui pempek saat ini kebanyakan dibuat dari ramuan ikan tenggiri.

Dulu ada sejenis ikan yang menjadi bahan utama pempek, yaitu ikan belida. Namun seiring berjalannya waktu, keberadaan ikan belida mulai berkurang. Dan seiring berjalannya waktu, ikan belida mulai menjadi hewan laut yang sangat sulit ditemukan. Untuk itulah, Tugu Belido dibuat untuk memperingati keberadaan ikan Belida.

3. Foto Ria di depan tulisan PALEMBANG

Sebagai bukti kunjungan anda pernah ke Palembang, tidak ada salahnya mengabadikan momen di depan tulisan PALEMBANG yang agung. Kedelapan huruf besar itu sengaja didesain untuk memeriahkan pemandangan Jembatan Ampera. Terutama pada malam hari. Mulai datang, Anda juga akan melihat tulisan yang brilian.

Pasalnya, di bagian pinggir hurufnya sudah disematkan lampu kedip alias lampu sorot. Sehingga hasil foto menjadi lebih menakjubkan. Bagi yang ahli dalam fotografi, tentunya memiliki skill untuk memiliki foto yang instagramable. Anda dapat menyesuaikan bidikan lanskap atau dengan mode epik lainnya.

4. Memancing di Sungai Musi

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata sungai? Tentunya kegiatan yang bisa dilakukan tidak lain adalah berenang dan memancing. Tapi di Sungai Musi Anda hanya bisa memancing. Sungai Musi yang sangat luas dijadikan sebagai habitat ikan Lumajang dan Baung.

Meskipun mungkin tempat memancing, masih belum ada tempat untuk menyewa pancing di sini. Otomatis, pengunjung harus berinisiatif untuk membawa peralatan sendiri dari rumah atau bisa membelinya di beberapa toko di sekitar Sungai Musi. Melakukan aktivitas memancing di Sungai Musi memang menyenangkan.

Untuk bisa memancing, pemancing bisa menggunakan ikan wader atau ikan seluang sebagai umpan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ikan peder dan kocor untuk menangkap ikan.

Hasil tangkapan dari pancing pengunjung bisa langsung dibakar. Tentu saja akan sangat menyenangkan untuk piknik kecil-kecilan di tepi Sungai Musi.

5. Menikmati matahari terbenam di atas Sungai Musi

Bagi Anda yang sangat menyukai sunset, Jembatan Ampera mungkin bisa menjadi tempat yang tepat. Selain bisa berwisata kuliner, tempat ini juga memiliki sunset yang indah. Berdiri di tepi dek menunggu matahari kembali ke kontes akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Sungai Musi yang tidak bergelombang seolah memantulkan cahaya jingga yang eksotis. Belum lagi jembatan yang terlihat begitu kokoh. Untuk membuatnya semakin mengesankan, Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling Sungai Musi. Pergi ke bawah jembatan menyaksikan matahari terbenam yang indah.

6. Restoran Terapung

Kunjungan memungkinkan pengunjung untuk melakukan aktivitas yang tidak biasa, termasuk memasak di kapal. Dengan demikian, Jembatan Ampera Sungai Musi memiliki konsep restoran terapung. Dengan demikian, pengunjung dapat mendekati satu pedagang ke pedagang lain yang membawa makanan mereka ke kapal.

Fasilitas yang tersedia di Jembatan Ampera Palembang

Fasilitas Jembatan AmperaKredit gambar: Facebook Palembang

Karena merupakan ruang publik dan menjadi tempat kendaraan melintas dari satu kabupaten ke kabupaten lain, jembatan Ampera memiliki fasilitas berupa restoran. Selain itu, ada juga taman di kedua ujung jembatan. Taman ini umumnya digunakan sebagai tempat relaksasi bagi pengunjung. Tempat ini juga difasilitasi dengan akses internet.

Itulah ulasan tentang Jembatan Ampera yang sarat akan cerita sejarah. Anda pasti akan semakin tertarik untuk mengunjunginya sekaligus menikmati pesona Sungai Musi. Segera rencanakan liburan Anda di jembatan ikonik di kota Palembang ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button