Jelang pergantian tahun, Polres Semarang menyiapkan rekayasa lalu lintas - WisataHits
Jawa Tengah

Jelang pergantian tahun, Polres Semarang menyiapkan rekayasa lalu lintas

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Jelang pergantian tahun baru 2022-2023, Polres Semarang Jawa Tengah menyiapkan sampel rekayasa lalu lintas. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan untuk mengendalikan dan mengurai kepadatan arus lalu lintas akibat meningkatnya aktivitas warga sekitar yang akan berpesta.

Dua jalur utama menuju pusat kegiatan masyarakat di Kabupaten Semarang ini menjadi fokus rekayasa yang dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Semarang bersama dinas terkait lainnya.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA melalui Kasatlantas Polres Semarang AKP Dwi Himawan Chandra mengatakan, rekayasa lalu lintas jelang malam pergantian tahun akan dilakukan di dua tempat yang dianggap sebagai pusat aktivitas warga.

Setiap akses utama mengarah ke Lapangan Bung Karno, Kompleks Alun-Alun Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur serta jalur utama menuju kawasan wisata Bandungan, Kabupaten Bandungan.

“Engineering satu arah akan diterapkan sebelum malam tahun baru. Kali ini kita akan menerapkan sistem sekali pakai (sekali jalan) keliling Alun-alun Kalirejo di Hungaria Timur dan jalur menuju objek wisata Bandungan,” ujarnya dalam bahasa Hungaria.

Kasatlantas juga mengatakan, rekayasa lalu lintas dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi di lapangan. Ketika arus lalu lintas meningkat secara signifikan karena pergerakan penduduk, teknik satu arah digunakan.

Dalam pelaksanaannya, Satuan Lalu Lintas Polres Semarang telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan (Dishub) untuk mendukung kelancaran rekayasa lalu lintas di lapangan.

Ia juga mengatakan, dengan banyaknya kelonggaran yang diberikan kepada masyarakat, Polres Semarang memprediksi akan terjadi lonjakan pergerakan warga di pusat kegiatan masyarakat untuk menyambut malam pergantian tahun.

Lebih lanjut Dwi Himawan mengatakan, akses via Ambarawa akan dibuka untuk pergerakan kendaraan menuju kawasan wisata Bandungan. Kendaraan yang memasuki kawasan wisata Bandungan diimbau melewati Pauline Ambarawa Junction menuju Bandungan.

Sementara itu, lalu lintas yang keluar dari Bandungan akan dialihkan melalui jalan akses menuju Persimpangan Lemahabang di Kecamatan Bergas. “Untuk menghindari kemacetan akibat pertemuan arus lalu lintas ke Bandungan, pintu masuk Jimbaran dari Tegalpanas juga akan ditutup,” katanya.

Untuk kawasan sekitar Lapangan Bung Karno Ungaran, terdapat satu arah mulai dari Simpang Makam Gatot Subroto menuju Lapangan Bung Karno yaitu Jalan MT Haryono – Jalan Jati Raya I – Jalan Letjend Suprapto – Exit Tol Ungaran, hingga Tumpang Supermarket 4U.

Terkait tekhnik berlalu lintas ini, Kasatlantas mengimbau kepada para pengguna jalan untuk mengikuti dan menaati petunjuk dan petunjuk yang diberikan petugas di tempat. “Agar kegiatan malam tahun baru di wilayah Kabupaten Semarang dapat berjalan tertib, lancar dan kondusif,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button