Jelang pemilihan presiden, Rektor UII berpesan kepada para alumni - WisataHits
Yogyakarta

Jelang pemilihan presiden, Rektor UII berpesan kepada para alumni

Harianjogja.com, JOGJA—Rektor UII Profesor Fathul Wahid menyampaikan pesan kepada para alumni menjelang pemilihan presiden 2024 mendatang. Tiga poin pesan tersebut disampaikan Jaka Nugraha, Wakil Rektor UII Bidang Pengembangan dan Penelitian Akademik, membacakan kepada peserta program diploma, sarjana, magister, dan doktor periode kedua tahun ajaran 2022/ 2023 .

“Suhu semakin panas menjelang Pilpres 2024. Pada kesempatan ini izinkan saya menitipkan beberapa pesan, bukan hanya untuk para wisudawan, tapi untuk kita semua,” ujar Fathul, Senin (5/2022).

BACA JUGA: Warga Jogja mendukung salah satu capres di Pilpres 2024

Rektor UII mengimbau para alumni untuk menggunakan akal sehat. Akal sehat dianggap paling cocok untuk menghalau berbagai hoax yang berkembang pesat di masyarakat.

“Jika semua alumni mampu melakukannya, maka akan muncul akal sehat kolektif yang penting untuk menjaga persatuan bangsa ini. Inilah warisan sayang para pendiri bangsa yang harus kita pertahankan. Kami telah melihat sejarah, banyak negara hancur ketika persatuan tidak dapat dipertahankan.”

Fathul menantang para alumni untuk menjadi orang yang bisa menerima perbedaan. Pengalaman di kampus yang menjaga kebebasan akademik dapat menjadi dasar untuk perekrutan.

“Karena tidak mungkin semua orang setuju. Setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda, pengalaman yang berbeda, dan aspirasi yang berbeda. Persatuan tidak muncul karena semua sama, melainkan berdasarkan saling menghargai perbedaan dan kesepakatan untuk mengutamakan persamaan. Indonesia adalah bangsa yang sangat beragam sejak awal. Tugas kita sekarang adalah merayakan kekayaan itu dengan merajutnya menjadi satu kesatuan nasional,” katanya.

BACA JUGA: Pemilu 2024 Harus Partai Demokrat Berbudaya

Terakhir, Rektor UII mengimbau para alumni untuk melihat secara ilmiah banyak hal, karena perbedaan pendapat di tahun politik semakin meluas.

“Itulah tantangan di era post-truth seperti saat ini. Memang tidak selalu mudah ketika emosi kita dipermainkan dengan algoritma yang berbeda. Tapi saya yakin jika banyak dari kita mengambil pendekatan ilmiah untuk memecahkan masalah, itu akan menjadi modal untuk kemajuan di masa depan,” ujarnya.

Pesan ini disampaikan langsung oleh 1.070 peserta tour pada Sabtu (12/3/2022) di auditorium UII. Lulusan terdiri dari 116 Ahli Madya, 862 Sarjana, 91 Magister dan satu Doktor. Saat ini, UII telah meluluskan lebih dari 110.000 alumni.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button