Jelang Libur Nataru 2023, Perusahaan Rental Mobil di Jawa Timur Kebanjiran Pesanan Wisata - WisataHits
Yogyakarta

Jelang Libur Nataru 2023, Perusahaan Rental Mobil di Jawa Timur Kebanjiran Pesanan Wisata

Surabaya

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) masyarakat bersiap untuk pergi berlibur atau mengunjungi kerabat. Salah satu persiapan yang mungkin adalah menyewa mobil.

Di Jawa Timur sendiri, tren rental mobil sebelum Nataru mulai meningkat. Selain itu, tidak ada lagi PSBB tahun ini sementara PPKM dilonggarkan akibat pandemi COVID-19.

Yanuar, pemilik perusahaan rental mobil CV Prawira di Surabaya mengatakan, beberapa anggotanya mendapat pesanan liburan saat menyambut Nataru 2023.

Yanuar mengatakan, perusahaan rental di Surabaya didominasi pelanggan dengan segmentasi off-key atau sekadar menyediakan mobil. Namun, hal ini tidak berlaku untuk kelas premium atau menengah ke atas dan penggunaan driver.

“Tapi tidak semua (bisa pesan). Kalau yang punya driver masih belum banyak,” kata Yanuar detik Jawa TimurSenin (28/11/2022).

Yanuar mengatakan, merek unit dan tipe pelanggan mayoritas sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Pesan terutama mobil dengan transmisi otomatis.

“Karena Toyota Avanza dan Agya masih diminati dan mendominasi liburan keluarga,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPC Asperda Surabaya ini.

Untuk dirinya sendiri, Yanuar mengaku sering menyewa mobil untuk tujuan wisata. Baik di Jawa Timur maupun di luar Jawa Timur.

“Biasanya mereka ke tempat-tempat wisata mungkin karena orang sudah lelah bekerja, makanya mereka menyasar daerah Batu, Malang, dan Yogyakarta, terutama tempat-tempat wisata baru,” ujarnya.

Hal senada disampaikan pemilik Maha Travel, Edi Santoso. Menurut dia, kenaikan pesanan sewa mobil diperkirakan mencapai 60% hingga 70%.

“Jadi belum ada peningkatan. Karena kebutuhan pokok sudah naik, orang perlu mulai memikirkan travel atau liburan Natal lagi, dan itu perlu ditekankan juga,” ujarnya.

Edi menjelaskan hingga saat ini perusahaan rental mobil di Jawa Timur masih mendapatkan 50% pesanan. Menurutnya, ada pesanan tapi tidak ada DP atau kuitansi.

“Jadi kami masih menentukan tanggal dan hari, jadi kami masih menentukan jadwal hari pemesanannya,” ujarnya.

Terkait unit atau merek yang dipesan, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Divisi Kemitraan dan Usaha Asperda Jatim ini menegaskan, konsumen tetap menyukai city car atau small car. Meski dengan segmentasi keluarga, MPV masih mendominasi

“Seperti halnya Agya dan Avanza, dengan Innova dan Alphard kita tidak mencopot alias kunci tapi menggunakan driver,” lanjutnya.

Untuk asal dan tujuan pelanggan, Edi mensinyalir pelanggan terjauh pergi ke Jawa Tengah dan Bali. Bukan hanya wisata, tapi juga mudik.

Simak Videonya “Jedar Dituding Lakukan Transfer Palsu, Kata Pengacara Stefannus”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button