Jelang Lebaran Nataru, Bus Pariwisata Jadi Perhatian Dishub Semarang - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Jelang Lebaran Nataru, Bus Pariwisata Jadi Perhatian Dishub Semarang – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Petugas Dinas Perhubungan Kota Semarang melakukan pemeriksaan atau ramp inspection terhadap bus wisata di Kaligawe, Kamis (9/12/2022). (Solopos.com – Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan Kota Semarang (Dishub) Jawa Tengah (Jateng) berupaya agar libur Natal 2022 dan libur Tahun Baru 2023 atau libur Nataru berjalan lancar. Salah satu upaya ditunjukkan Dinas Perhubungan Kota Semarang dengan mengadakan kegiatan pemeriksaan jalan terhadap bus pariwisata yang perusahaannya berlokasi di Kota Semarang, Jumat (12/9/2022).

Deda Bambang Hartono, Kepala Dinas Angkutan Umum (Kabid) Otoritas Perhubungan Kota Semarang, mengatakan penertiban tersebut merupakan langkah pencegahan kecelakaan, khususnya yang melibatkan bus pariwisata. Karena itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan dengan mengunjungi sejumlah pool bus wisata di Kota Semarang, seperti Kaligawe.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

“Ini kegiatan rutin jelang libur nasional seperti Nataru dan Idul Fitri. Mengingat animo masyarakat untuk menyewa gerbong cukup tinggi saat libur panjang,” kata Dede, Jumat (12/9/2022).

Dede menjelaskan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah di bidang transportasi, sudah menjadi tugas dinas perhubungan untuk mengawal keamanan dan kenyamanan sektor jasa transportasi bagi masyarakat.

Pada ramp check ini, petugas mengecek kelaikan armada kendaraan yang meliputi fungsi rem, lampu, klakson, Penyapu kaca mobil, ban dan komponen lainnya.

Baca Juga: Akibat Kecelakaan Bus Sarangan, Pemilik Bus Wisata Susah Cari Pelanggan

“Kami juga mengimbau perusahaan angkutan hanya menggunakan pengemudi yang benar-benar mau bekerja di belakang kemudi,” katanya.

“Artinya pengemudi yang dikerahkan benar-benar sehat jasmani dan rohani. Misalnya, dia saat ini tidak menderita flu, juga tidak memiliki masalah pribadi,” tambahnya.

Dishub juga mengimbau pengguna sarana transportasi untuk waspada dan selalu memantau. “Supaya tidak terjadi kecelakaan seperti beberapa waktu lalu di Magetan. Misalnya ngantuk, diingatkan untuk istirahat,” pungkas Dede.

Baca Juga : Kecelakaan Bus Wisata Semarang di Sarangan, Ini Tanggapan Dishub

FYI: Bus pariwisata PO Semeru Putra Transindo yang mengangkut rombongan dari Kota Semarang di Jalan Raya Sarangan, Magetan, Jawa Timur (Jatim) pada Minggu (4/12/2022) mengalami kecelakaan maut. Dalam kejadian tersebut tujuh orang meninggal dunia yang semuanya merupakan warga Kota Semarang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button