Jelang Lebaran, Gabungan Pengusaha Bakpia Pathuk berharap penjualan meningkat - WisataHits
Yogyakarta

Jelang Lebaran, Gabungan Pengusaha Bakpia Pathuk berharap penjualan meningkat

Jelang Lebaran, Gabungan Pengusaha Bakpia Pathuk berharap penjualan meningkat

tanpa judul

Krjogja.com – Yoga – Pusat grosir Bakpia Pathuk di Desa Pathuk, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta mengalami lonjakan penjualan setelah dilanda pandemi. Salah satu asosiasi pengusaha bakpia di wilayah desa Pathuk adalah Asosiasi Laris Manis yang beranggotakan 20 rumah usaha.

Ketua Gabungan Pengusaha Bakpia Pathuk Laris Manis, Joni mengatakan, pandemi Covid-19 telah menurunkan pendapatan pengusaha Bakpia Pathuk hingga 80% akibat pembatasan sektor pariwisata.

“Penurunan itu selama PPKM, tidak ada akses pariwisata, khususnya di Malioboro. Artinya pengurangannya bisa sampai 80 persen lebih,” kata Joni belum lama ini.

Yani, pemilik Bakpia 716 Annur sekaligus sekretaris asosiasi, juga mengungkapkan dampak dari pembatasan pariwisata tersebut. “Waktu pandemi berkurang hampir 80 persen. Itu karena tidak ada turis,” katanya.

Kondisi pandemi yang berangsur normal kembali berdampak positif bagi para pengusaha Bakpia Pathuk. Penjualan perlahan kembali meningkat setelah dibukanya akses wisatawan untuk berwisata di Yogyakarta. Yani mengatakan kondisi sudah normal sejak akhir September tahun lalu. “Kondisi sudah kembali normal sejak akhir September 2021,” jelasnya.

Menjelang libur akhir tahun, para pengusaha Bakpia Pathuk berniat meningkatkan volume produksinya dibandingkan hari biasa. Mereka yakin kondisi mulai membaik, penjualan akan meningkat dari tahun ke tahun.

Namun karena kondisi yang tidak menentu, apalagi saat ini sedang musim hujan, para pengusaha Bakpia Pathuk ragu untuk menimbun dalam jumlah besar. Joni mengatakan pengusaha Bakpia Pathuk akan melihat dulu situasi ke depan. (MUMTAZ SYAEFULLOH)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button