Jelajahi desa wisata dan festival pasar rakyat Semarakkan festival kreatif lokal 2022 di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Jelajahi desa wisata dan festival pasar rakyat Semarakkan festival kreatif lokal 2022 di Jogja

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Menjelajahi Desa Wisata Rejowinangun dan Festival Pasar Rakyat di Pasar Legi Kotagede merupakan bagian dari rangkaian program Local Creative Festival 2022 di kota Yogyakarta. Local Creative Festival 2022 merupakan program CSR tahunan Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal.

Pada kesempatan ini, Adira Finance juga menganugerahkan Desa Rejowinangun dengan predikat “Desa Wisata Ramah Berkendara” dan secara simbolis meresmikan Landmark Desa. Program ini bertujuan untuk mendukung pariwisata, kearifan lokal dan UKM kreatif sehingga dapat mendorong kemajuan perekonomian Indonesia.

Baca juga Aset Budaya, Bentuk Kerjasama DIY dan Trenggalek

Selain Jelajah Desa Wisata dan Festival Pasar Rakyat, Adira Finance juga menyelenggarakan berbagai program antara lain pelatihan dan pendampingan bagi Desa Wisata Kreatif, serta peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat pasar. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan bagian dari Local Creative Festival yang diselenggarakan di 5 desa wisata di Jawa dan Bali pada September hingga November 2022.

UNMAHA 728×90

“Tahun ini untuk ketiga kalinya kami bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menyelenggarakan program festival kreatif lokal. Pada program tahun ini, kami mengajak teman-teman dari komunitas sepeda motor untuk menjelajahi berbagai destinasi unik di Desa Wisata Rejowinangun,” kata Swandajani Gunadi, Direktur Pemasaran Adira Finance, pada peresmian landmark Desa Wisata Ramah Berkendara, Sabtu (9/10).

Kepala Desa Rejowinangun, Handani Bagus Setiarso, juga hadir dalam kegiatan ini.

“Mewakili Desa Rejowinangun, kami menyambut baik program Local Creative Festival 2022 dan berterima kasih kepada Adira Finance sebagai mitra Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI yang telah mendukung pengembangan Desa Rejowinangun menjadi desa wisata ramah pengemudi. Semoga semakin banyak wisatawan yang mengenal dan berkunjung ke Desa Rejowinangun,” kata Handani.

Baca Juga Sri Sultan Ikuti Feedback Gallery Jogja Planning

Rejowinangun terpilih sebagai salah satu desa wisata ramah pengemudi karena memenuhi kriteria pendukung, yang meliputi infrastruktur seperti jalan beraspal, lampu lalu lintas, pompa bensin, dan bengkel mobil; sumber daya manusia termasuk pelaku industri kreatif, pengelola dan pemandu wisata; dan ekosistem pariwisata yaitu daya tarik wisata, akomodasi atau fasilitas lainnya.

“Kami melihat jarak tempuh saat ini relatif lebih pendek, dimana masyarakat mencari destinasi wisata yang tidak jauh dari rumah dan dapat dengan mudah dikunjungi dengan mobil atau motor. Oleh karena itu, dalam program tahun ini, bersama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, kami telah memilih lima desa wisata yang memenuhi kriteria sebagai desa ramah pengemudi untuk wilayah Jawa dan Bali. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah menjadikan desa wisata sebagai salah satu destinasi wisata baru bagi pecinta mobil,” jelas Swandajani.

Penyelenggaraan Local Creative Festival 2022 juga didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah dan Bank Danamon.

“Terima kasih kepada seluruh Pengelola Desa Wisata, Zurich, MUFG, Bank Danamon dan mitra pendukung lainnya atas kerjasama dan peran aktifnya dalam menyelenggarakan rangkaian festival kreatif lokal. Saya berharap program ini dapat memberikan manfaat yang tidak hanya meningkatkan minat kunjungan wisatawan lokal, tetapi juga memperkuat ekosistem desa wisata lokal,” pungkas Swandajani Gunadi. (Ya)

Agensi digital BERNAS.id 970×90

Source: www.bernas.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button