JCB-OISCA melanjutkan program reboisasi dan regenerasi mangrove - WisataHits
Jawa Tengah

JCB-OISCA melanjutkan program reboisasi dan regenerasi mangrove

Jakarta (ANTARA) – PT JCB International Indonesia (JCB Indonesia) bekerjasama dengan Organization for Industrial Spiritual and Cultural Progress (OISCA) melaksanakan program penghijauan dan regenerasi mangrove di Desa Tunggulsari, Pati, Jawa Tengah sebagai bagian dari implementasi Corporate Social Tanggung Jawab (CSR) ) JCB.

Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak April 2016 dengan partisipasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta warga sekitar.

Presiden Direktur JCB Indonesia Takumi Takahashi, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya senang kegiatan yang secara konsisten dilakukan bersama OISCA setiap tahun dapat mencapai titik ini dan menunjukkan kemajuan yang baik. Proyek konservasi dimulai dengan penanaman bibit pohon bakau.

“Ini merupakan pencapaian besar yang mengarah pada terciptanya komunitas pengelola hutan dan peningkatan taraf hidup masyarakat lokal dengan menjadi destinasi wisata,” kata Takumi.

Sebelumnya, kawasan pantai utara di Kota Pati berpotensi terkena abrasi laut karena merupakan pantai terbuka tanpa penghalang gelombang.

Oleh karena itu, ia memperkirakan penanaman 10.000 pohon bakau Hirugidamashi (Avicennia Marina) dan Yaeyamahirugi (Rhizophora mucronata) bisa menjadi solusi perubahan iklim dan kenaikan muka air laut.

Kini di tahun ketujuh, program tersebut mulai berkontribusi tidak hanya untuk pelestarian hutan, tetapi juga untuk masyarakat sekitar, ekonomi dan pendidikan anak-anak.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button