Jawa Timur Sumbang Perwakilan Terbanyak di Penghargaan Desa Wisata - WisataHits
Jawa Tengah

Jawa Timur Sumbang Perwakilan Terbanyak di Penghargaan Desa Wisata

KOMPAS.com – Provinsi Jawa Timur menyumbang perwakilan terbanyak pada Top 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (ADWI) dengan empat perwakilan.

Keempat desa wisata tersebut adalah Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga: Kabupaten Cirebon Punya 20 Desa Wisata Baru

“Jawa Timur menyumbang 10 persen dari Top 50 ADWI 2022. Kami berharap ini bisa mendongkrak perekonomian dan menciptakan lapangan kerja,” kata Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tirta Agung Bondowoso. Minggu (8/7/2022). , seperti dikutip dari opini tertulis.

Desa Wisata Tirta Agung merupakan obyek wisata rekreasi berbasis masyarakat yang dikelola oleh BUMDES yang terletak di kaki Gunung Raung.

Baca Juga: Desa Wisata Nglanggeran di Yogyakarta Difoto Untuk Perangko

Desa ini menggunakan waduk, persawahan dan mata air yang dijadikan sebagai tempat wisata.

Desa wisata Tirta Agung di Bondowoso, Jawa Timur.KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Desa Wisata Tirta Agung di Bondowoso, Jawa Timur.

Beberapa aktivitas wisata yang bisa dicoba seperti paviliun terapung, kolam renang alami, kafe Kala Senja dan rubah terbang.

Ada juga tempat jualan produk kreatif dan kuliner keluarga angkat yang dapat digunakan sebagai akomodasi bermalam bagi pengunjung.

Baca Juga: Peringatan Tsunami Aceh di Desa Wisata Gampong Ulee Lheue

Sementara Desa Wisata Pandean seperti dikutip dari Kompas.com (07/02/2022), memiliki daya tarik berupa Sungai Kanang yang populer untuk kegiatan river tubing dan arung jeram.

Lainnya, yakni desa wisata Semen yang berada di tengah-tengah lereng Gunung Kelud dan lereng Gunung Kawi serta dibelah oleh Sungai Lekso, memiliki potensi kearifan lokal yang besar seperti dikutip dari Jadesta Kemenparekraf.

Sedangkan Desa Wisata Keris atau Desa Aengtongtong di Madura merupakan penghasil dan produsen Keris. Terletak di antara empat desa, menawarkan panorama alam dan sumber daya alam yang beragam termasuk sawah, ladang tembakau, sawah, perkebunan kelapa, perbukitan dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Desa Minang, Nagari Sumpu

Secara umum, desa wisata akan terus memberikan dukungan dan bantuan, termasuk melibatkan pihak swasta untuk memberikan dukungan.

Dengan demikian, kampung liburan ini tetap lestari dan tidak berhenti di tengah jalan.

“Diharapkan setelah peresmian, desa wisata mampu meningkatkan jumlah kunjungan hingga 30 persen. Ketika saya di Bondowoso saya sangat terkesan bahwa itu adalah Kala Senja, tempatnya sangat keren dan saya melakukannya Pekerjaan keren banget fotonya,” kata Sandiaga.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button