Jaringan XL Axiata siap menahan lonjakan “traffic” selama liburan Natal dan Tahun Baru - WisataHits
Jawa Timur

Jaringan XL Axiata siap menahan lonjakan “traffic” selama liburan Natal dan Tahun Baru

Surabaya (ANTARA) – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap menghadapi lonjakan lalu lintas selama Natal 2022 dan Malam Tahun Baru 2023, yang mencapai rata-rata dua hingga tiga kali lipat pada hari biasa.

Director and Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya memperkirakan ada peningkatan lalu lintas sekitar 25 persen dibandingkan lalu lintas Natal dan Tahun Baru tahun lalu.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 2022, diperkirakan akan ada potensi pergerakan sekitar 44,17 juta orang menjelang Natal dan Tahun Baru, yang diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data.

“Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan terbaik, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas dua kali lipat di hari biasa. Tim XL Axiata juga mengidentifikasi kota-kota yang rawan lonjakan lalu lintastermasuk destinasi wisata, pusat keramaian dan kawasan pemukiman,” katanya.

“Tim XL Axiata juga sudah menyiapkan teknis pengalihan atau gangguan lalu lintas saat terjadi kemacetan di suatu kawasan. Jadi sampai titik tertentu lalu lintas di satu lokasi tidak akan mempengaruhi kualitas pelayanan bagi pelanggan,” imbuhnya.


Menurut Gede, luas dan lokasi juga akan mengalami pertumbuhan lalu lintas Skor tinggi juga diperkirakan terjadi di beberapa daerah yang menjadi jalur bagi para pemudik.

Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik melalui tol Trans Jawa dan Trans Sumatera yang mengalami peningkatan trafik 10 hingga 20 persen. Begitu juga dengan jalan non tol yakni jalur pantura hingga Pansela.

Tingkatkan dari Malam Tahun Baru lalu lintas Seiring dengan hingar bingarnya kampanye undangan wisatawan domestik, diharapkan dapat menjadi fokus keramaian merayakan tahun baru juga di tempat-tempat wisata.


XL Axiata juga menyiapkan tak kurang dari 65 Mobile BTS Unit (MBTS) di berbagai lokasi yang membutuhkan dukungan kualitas sinyal, khususnya di wilayah Jawa Barat, Sumatera, dan Bali.

Titik lokasi yang dimaksud meliputi, namun tidak terbatas pada, jalur transportasi utama, tujuan wisata, pusat keramaian, terminal bus, stasiun kereta api, dan bandara.


“Kami juga sudah menyiapkan antisipasi jika terjadi sesuatu kecelakaan kejadian tidak terduga seperti banjir, gempa bumi, dan lain-lain yang bersifat bencana dan berpotensi mengganggu aliran listrik ke BTS,” ujarnya.

“Tim kami akan berada di lokasi untuk ini siap Selama 24 jam selama masa liburan ini, selain itu juga ada tim yang memantau kondisi jaringan di seluruh area layanan XL Axiata melalui pusat pemantauan kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) di kantor pusat Jakarta,” ujarnya.

bangkit lalu lintas Hal ini antara lain didorong oleh semakin intensifnya penggunaan berbagai layanan digital oleh pelanggan dengan kapasitas besar yang sebagian besar digunakan untuk mengisi masa liburan panjang. Diperkirakan pelanggan akan mengirimkan banyak konten video atau foto serta trafik sungai kecil, baik video, juga musik permainan.

Media sosial juga diharapkan dapat menjadi tujuan bagi pelanggan untuk mengisi waktu liburannya berbagi momen kemeriahan Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, kota-kota diperkirakan akan meningkat lalu lintas yang juga menjadi tujuan liburan masyarakat antara lain Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, hingga Surabaya.

bangkit lalu lintas Diperkirakan terjadi di daerah dengan komunitas Kristen yang besar, seperti B. di beberapa kota di Sulawesi Utara, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Timur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button