JAPFA terus mengedukasi tentang pentingnya memenuhi asupan protein hewani sejak hamil - WisataHits
Yogyakarta

JAPFA terus mengedukasi tentang pentingnya memenuhi asupan protein hewani sejak hamil

TRIBUNJOGJA.COM – Sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan konsumsi protein hewani masyarakat, dan sejalan dengan rencana pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Indonesia, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) mengimplementasikan media edukasi pentingnya protein hewani melalui pemasukan.

Prevalensi stunting di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

Namun, penurunan angka stunting masih jauh dari target nasional 14 persen pada 2024.

Stunting adalah masalah kritis karena memiliki efek jangka panjang yang berkontribusi pada produktivitas dan pertumbuhan ekonomi negara.

Baca Juga: Wisata Kuliner Jogja: 3 Rekomendasi Ayam Geprek Enak di Jogja

Namun, salah satu upaya pencegahannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani.

Sayangnya, konsumsi protein hewani di Indonesia secara keseluruhan masih tergolong rendah.

Berdasarkan data Food and Agriculture (FAO) tahun 2017, total konsumsi protein hewani di Indonesia hanya 8 persen.

Jumlah ini berbeda jauh dengan negara Asia lainnya seperti Malaysia dan Thailand, di mana konsumsi protein hewani masing-masing mencapai 30 dan 24 persen.

“Manusia membutuhkan protein, yang tersusun dari asam amino, sebagai zat pembangun tubuh. Tubuh manusia membutuhkan hingga 20 jenis asam amino, dan 9 di antaranya adalah asam amino esensial, yang harus diperoleh dari makanan. Protein hewani mengandung amino esensial asam, lebih lengkap dari protein, sayur-sayuran,” ujar ahli gizi kesehatan masyarakat dan guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. DR. drg. Sandra Fikawati, MPH.

Dalam hal pencegahan stunting, asupan protein hewani tidak hanya diperlukan untuk pertumbuhan anak.

Selain itu, asupan protein hewani harus mencukupi sejak awal 1.000 hari pertama kehidupan, mulai dari ibu hamil hingga anak usia 2 tahun.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Tayangan Ulang 1.300 Balita yang Stunting di Daerah

Masa ini merupakan masa emas tumbuh kembang anak, masa yang menentukan perkembangan fisik dan mental jangka panjang.

“Selain asam amino esensial yang lebih lengkap dan berlimpah dari protein nabati, protein hewani juga mengandung berbagai vitamin dan mineral dan kualitasnya lebih baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh manusia. Jadi penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani setiap hari,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA, mengatakan sebagai pemasok protein hewani di Indonesia, JAPFA berupaya untuk menyediakan produk dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

“JAPFA selalu memperhatikan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ketat dalam memastikan kualitas produk dan didukung oleh tenaga pelayanan lapangan yang profesional. Dengan demikian, produk olahan protein hewani yang diproduksi telah memenuhi ASUH (Aman, Sehat, Utuh untuk Siaran Instan). dan Halal). Kami berharap ke depan semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi protein hewani untuk kepentingan generasi unggul Indonesia,” harapnya. (tribunjogja.com)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button