Jangan salah sebut, ini dia 5 perbedaan antara malang dan pemalang! : Wisata Okezone - WisataHits
Jawa Timur

Jangan salah sebut, ini dia 5 perbedaan antara malang dan pemalang! : Wisata Okezone

MISKIN dan Pemalang jelas berbeda, meski pengucapannya hampir sama. Malang adalah nama sebuah kabupaten dan kota di Jawa Timur. Sedangkan Kabupaten Pemalang terletak di Jawa Tengah.

Namun tidak hanya letak geografisnya saja yang berbeda dengan provinsi. Ada beberapa perbedaan lain antara malang dan pemalang sebagai berikut:

1. jumlah penduduk

Berdasarkan sensus tahun 2022, jumlah penduduk Kota Malang sebanyak 843.810 jiwa, mayoritas bersuku Jawa kemudian Madura. Jumlah penduduk Kabupaten Malang adalah 2.654.448 jiwa yang tersebar di 33 kecamatan.

BACA JUGA:Pulau Failonga, surga wisata laut yang indah dan eksotik di Tidore

Sedangkan Kabupaten Pemalang yang memiliki 14 kecamatan, berpenduduk 1.529.920 jiwa.

2. Julukan Malang dan Pemalang

Malang dijuluki Kota Pendidikan karena memiliki kampus ternama seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Ibrahim dan Politeknik Negeri Malang.

Selain itu, Malang juga disebut sebagai kota wisata karena alamnya yang indah dikelilingi pegunungan dan banyak objek wisata.

Sementara Pemalang juga memiliki sejumlah julukan, antara lain Kota Kebenaran, Kota Hijau, dan Kota Grombyang.

BACA JUGA:Satu desa, satu tujuanBagaimana Malang mendongkrak potensi wisata

3. Catatan sejarah singkat

Sejarah di kota Malang, kereta api mulai beroperasi pada tahun 1879 dan sejak saat itu kota ini berkembang pesat. Akibatnya terjadi perubahan penggunaan lahan, kawasan terbangun menyembur keluar dari tanah secara tidak terkendali, bahkan perubahan penggunaan lahan berubah dengan sangat cepat, misalnya dari pertanian menjadi perumahan dan komersial.

Sejarah Pemalang pada abad ke-16 dihubungkan dengan catatan Rijklof Van Goens dan data dalam buku W Fruin Mess yang menyebutkan bahwa pada tahun 1575 Pemalang merupakan salah satu dari 14 daerah merdeka di pulau Jawa yang dipimpin oleh seorang pangeran atau raja.

Baca juga: Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat berbagi kebaikan dengan donasi rambut, Save the Date!

HUT ke-4 Malang dan Pemalang

Malang didirikan pada masa pemerintahan Belanda pada tanggal 1 April 1914 ketika EK Broeveldt menjadi walikota pertama. Sedangkan hari jadi Pemalang adalah 24 Januari 1575.

ilustrasi

5. Beberapa judul

Kota Malang memiliki banyak gelar yang disandangnya antara lain Paris of Java, City of Cruises, City of Resorts, City of Education, City of Military, City of History, City of Flowers.

Untuk kota Pemalang sendiri, kota ini memiliki rekor MURI yang sangat dibanggakan yaitu Ngebeg Bersama pada tanggal 25 Januari 2015 dan Tabuh Rebana secara massal pada tanggal 23 Januari 2016.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button