Jalan desa di Sukamantri Ciamis tertimbun longsor, mengganggu akses warga - WisataHits
Jawa Barat

Jalan desa di Sukamantri Ciamis tertimbun longsor, mengganggu akses warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Longsor menimbun Jalan Desa Mekarwangi, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (12/7/2022) dinihari. Peristiwa itu terjadi setelah diguyur hujan sejak Selasa malam (12/6/2022).

Tidak ada korban luka dalam insiden tersebut. Namun akses jalan tersebut tidak bisa dilalui karena tertimbun material longsor. Pekerjaan penduduk setempat dan anak-anak sekolah terhambat.

Alan Hariri, warga Tagana, Kabupaten Ciamis, mendapat informasi dari warga bahwa telah terjadi longsor di tebing tinggi yang menutupi jalan desa. Jalan tersembunyi cukup panjang. Sehingga untuk mengevakuasi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Longsor Tutupi Jalan Nasional Ciamis – Cirebon, Lalu Lintas Lumpuh

“Tidak ada cedera. Hanya saja, tanah yang menumpuk di jalan desa cukup lebat dan panjang. Sedangkan kendaraan tidak bisa lewat, pejalan kaki hanya bisa lewat,” ujarnya, Rabu (12/7/2022).

Menurut Alan, mengingat kondisi longsor yang cukup parah, proses evakuasi juga membutuhkan alat berat. Jika menggunakan manual, akan memakan waktu lama.

Baca Juga: Longsor Mengisi Jalan Penghubung Kabupaten di Pamarican Ciamis

“Alat berat harus digunakan untuk evakuasi material longsor. Kalau manual, itu akan memakan waktu lama,” kata Alan.

Alan mengatakan proses evakuasi harus segera dilakukan. Mengingat jalan desa merupakan akses utama warga untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya perdagangan, pertanian dan anak-anak bersekolah. (CN/Djavatoday)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button