Jaga Keamanan Kongres, Polres Surakarta Kerahkan 2.500 Personil - WisataHits
Jawa Tengah

Jaga Keamanan Kongres, Polres Surakarta Kerahkan 2.500 Personil

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – Polisi bergerak cepat mengawal Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 pada 18-20 November 2022 di Surakarta. Selain itu, jumlah peserta, termasuk pemandu sorak, diperkirakan mencapai tiga juta orang.

Pada Rabu (26/10), Kapolres Surakarta Kombes Pol. Ivan Saktiadi mengatakan, Polres Surakarta akan menerjunkan 2.500 satpam.

Mereka merupakan gabungan dari Polresta dengan jajaran kepolisian Polda Jawa Tengah. Seluruh staf, kata Iwan, akan didistribusikan mulai dari venue seperti Edutorium UMS, GOR UMS dan Stadion Manahan Solo, ruas jalan, shelter, tempat wisata hingga pusat oleh-oleh.

“Berdasarkan hasil koordinasi kami dengan panitia, peserta konvensi atau peserta yang bersorak atau yang disebut panitia muktamirin akan tiba pada 17 November mendatang,” katanya.

Ivan mendapat informasi dari panitia bahwa disediakan 43 penginapan dan hotel untuk para peserta. Sekarang ada 160.000 peserta terdaftar. Polisi, kata Iwan, akan mempertimbangkan pemandu sorak yang tidak terdaftar.

“Tentunya mobilisasi massa dalam jumlah besar akan dilakukan mulai dari kedatangan, agenda hingga kepulangan. Ini tentu akan menjadi sesuatu yang besar, roda perekonomian akan berputar. Jadi kita amankan saja,” ujarnya.

Selain itu, Ivan mengatakan seluruh elemen di Kota Surakarta harus bisa menjadi tuan rumah yang baik. Soal keamanan untuk tamu VVIP, Ivan juga menegaskan kesiapannya.

“Dari segi keamanan tamu VVIP dan di tingkat menteri sudah sesuai dengan prosedur yang ada, dengan mempertimbangkan berbagai faktor,” jelasnya.

Kedatangan tamu VVIP seperti Presiden dan Wakil Presiden Polri, kata Iwan, sedang dikoordinasikan dengan Paspampres.

“Itu merupakan prosedur pengamanan permanen yang tidak bisa dielakkan dan tentunya akan kita ikuti tanpa mengabaikan peraturan yang berlaku,” tutup Kapolres Surakarta. (afn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button