Itulah tempat-tempat wisata perbukitan di jogja. Yang mana favoritmu? - WisataHits
Yogyakarta

Itulah tempat-tempat wisata perbukitan di jogja. Yang mana favoritmu?

Harianjogja.com, JOGJA—Selalu menarik melihat Jogja dari sudut pandang yang berbeda. Juga, nikmati pemandangan dari ketinggian.

Jogja memiliki sejumlah bukit yang layak dikunjungi untuk melihat panorama eksotik dari ketinggian. Meski rata-rata lokasinya jauh dari pusat kota, pemandangan bak surga akan membayar lelah selama perjalanan.

Berikut rekomendasi tempat wisata lereng bukit yang populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Jangan lupa catat lokasinya!

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon adalah tempat yang tepat untuk menikmati pantai selatan Jogja. Lokasinya di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Dari sana Anda bisa menyaksikan deburan ombak di bebatuan gugusan pantai Gunungkidul, antara lain Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung, serta Pantai Banyunibo dan Pantai Siung di sebelah barat.

Meski aksesnya cukup melelahkan, rasa lelah akan terbayar dengan keindahan bukit yang luar biasa. Rerumputan tumbuh subur di sana, membuatnya tampak seperti pegunungan hijau yang tak henti-hentinya menyegarkan mata. Saat musim kemarau, rerumputan mengering, mengubah perbukitan hijau menjadi sabana.

Wisatawan juga dapat mendirikan tenda dan berkemah di sana. Fasilitas pendukung di kawasan wisata Bukit Pengilon sudah mulai memadai seperti bumi perkemahan, tempat ibadah, toilet, loket, tempat parkir dan banyak spot foto.

renda Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu puncak tertinggi di Pegunungan Menoreh dengan ketinggian kurang lebih 1.019 meter di atas permukaan laut. Lokasi tepatnya di Keceme, Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo.

Untuk mencapai puncak, pengunjung harus menaiki 286 anak tangga yang terjal. Namun, sejuknya udara pegunungan mampu mengusir rasa lelah yang muncul.

Begitu kita sampai di puncak, ada pemandangan indah titik perbatasan provinsi DIY dan Jawa Tengah. Wisatawan bisa menikmati pemandangan sejumlah gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro bahkan Candi Borobudur di sisi utara. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kota Jogja dan Samudera Hindia di sisi selatan.

Ada juga kolam dari mata air bernama Sendang Kawidodaren di Puncak Suroloyo. Mata air ini digunakan oleh masyarakat untuk upacara adat pada setiap peringatan Satu Malam Suro atau pada awal bulan pertama tahun baru Jawa. Pada saat itu pusaka pemberian Kraton Yogyakarta dipentaskan berupa Tombak oleh Kyai Manggolo Murti dan Songsong oleh Kyai Manggolo Dewo.

Bukit Klangon

Bukit ini merupakan bukit terdekat dengan Gunung Merapi yang terletak di desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Ketinggiannya sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut membuat kondisinya dingin dan dingin.

Waktu yang disarankan untuk mengunjungi Bukit Klangon adalah di pagi hari karena pengunjung tidak hanya sejuk tetapi juga memiliki pemandangan Gunung Merapi yang indah. Saat siang hari, biasanya kabut turun dan menghalangi pandangan.

Anda tidak harus mendaki gunung jika ingin melihat puncak Gunung Merapi dengan jelas. Dari beberapa titik pandang di Bukit Klangon kita dapat dengan jelas melihat puncak gunung berapi yang disebut Puncak Garuda.

Bukit Klangon tidak hanya menyegarkan, tetapi juga cocok bagi mereka yang menyukai wisata ekstrem. Pengelola telah menyiapkan sirkuit downhill yang memungkinkan pengunjung bersepeda naik turun jalur terjal yang akan menguji adrenalin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button