Israel Sebut Pejabat Indonesia Sulit Evakuasi Pendaki Tewas di Rinjani - WisataHits
Jawa Barat

Israel Sebut Pejabat Indonesia Sulit Evakuasi Pendaki Tewas di Rinjani

jakarta

Seorang warga negara kelahiran Israel meninggal di Indonesia saat mendaki Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namanya Boaz Bar Anan (37) dan dia tinggal di ibu kota Tel Aviv. Namun, ia masuk Indonesia dengan paspor Portugis.

Mengutip media Israel Ynet, Kementerian Luar Negeri Israel telah menerima laporan tersebut dan hingga Minggu (21/8) jasad Anan dikabarkan masih belum dievakuasi dari lokasi kejadian.

“Ada beberapa insiden warga Israel bepergian ke sejumlah negara dengan paspor asing,” kata Kementerian Luar Negeri Israel, seperti dilansir CNNIndonesia.com.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Pihak berwenang setempat mempersulit dan hampir tidak mungkin bekerja sama dengan kami dalam menangani kasus ini,” tambah Kementerian Luar Negeri Israel.

Anan jatuh dari lereng gunung hingga 150 meter saat mendaki ke ketinggian 3.766 meter. Kejadian ini bermula ketika Anan dan dua wisatawan lainnya, bersama seorang pemandu, memulai pendakian mereka. Anan mengambil selfie sebelum jatuh dan sekarat.

Selain klaim rumit dari Israel, Muhdar, Kepala Operasi dan Siaga Kantor SAR Mataram menyatakan, proses evakuasi Anan pada Jumat (19/8/2022) tidak berhasil karena keterbatasan jalan dan cuaca.

Ia menjelaskan, kondisi jalan dan cuaca menjadi kendala utama. Menurutnya, jalur evakuasi para korban cukup sulit, karena pada sore hari kondisi cuaca semakin gelap dan suhu semakin dingin.

Namun, jenazah Anan berhasil dievakuasi Senin lalu. Taman Nasional Gunung Rinjani (TN) mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan terlibat dalam evakuasi jenazah para korban.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga jenazah para korban berhasil dievakuasi,” pungkas Taman Nasional Gunung Rinjani.

Anan baru-baru ini terlihat di beberapa tempat wisata di Tanah Air antara lain Nusa Tenggara Timur, Bali, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Tonton video Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok, banyak jalan pintas seru
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/sim)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button