Institut Pertanian Bogor membangun SDM di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung - WisataHits
Jawa Barat

Institut Pertanian Bogor membangun SDM di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung

Banten Jabar dan IPB punya kelebihan yang bisa saling bersinergi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banten Jawa Barat dan Institut Pertanian Bogor (IPB) berkolaborasi melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan menerapkan inovasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung di Banten. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas sumber daya kedua belah pihak.

Presiden Direktur Banten Jabar Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, ruang lingkup kerja sama ini meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, implementasi inovasi dan kegiatan lain yang disepakati semua pihak.

Banten Jawa Barat dan Institut Pertanian Bogor memiliki keunggulan masing-masing, yaitu dapat menciptakan sinergi dan kerja sama, sehingga kedua belah pihak memiliki nilai tambah yang lebih besar.

“Melalui MoU ini, kami berharap dapat belajar tentang banyak bidang yang telah dicapai Institut Pertanian Bogor. Sebaliknya, kami berkomitmen untuk memberikan keterampilan dan pengalaman yang kami miliki untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya di Institut Pertanian Bogor di berbagai bidang, “katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/9/2022).

Sementara itu, Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria menambahkan, Tanjung Lesung merupakan kawasan wisata yang berpotensi meningkatkan perekonomian daerah dengan keunggulan wisata bahari dan wisata cukai, serta pertanian agraris.

“Saya kira ada banyak kerjasama yang bisa dibuat di berbagai bidang, termasuk jika memungkinkan, pusat pembelajaran pertanian dan perikanan. Karena orang-orang di sana akan sangat baik,” katanya.

Selebihnya hanya riset dan inovasi karena, menurut Arif, setiap pelaku usaha membutuhkan dua hal ini untuk menopang perekonomian di Tanjung Lesung dan masyarakat sekitar. Kedua belah pihak berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar.

“Di mana bisa menjadi mitra yang saling mendukung dan membawa manfaat bagi para pihak, terutama dengan dampak masyarakat, sehingga program-program yang keluar dari kerjasama dapat dirasakan dan membawa manfaat bagi masyarakat Tanjung Lesung dan sekitarnya? ,” dia berkata.

Banten Jawa Barat merupakan badan usaha yang mengembangkan dan mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung di Banten. KEK Tanjung Lesung memiliki keunggulan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang memukau, serta wisata yang terintegrasi dengan berbagai kegiatan dan rekreasi.

Institut Pertanian Bogor adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berbadan hukum (PTN BH) yang mempunyai tanggung jawab dan fungsi dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi) bidang Pertanian, Ilmu Kelautan dan Ilmu Hayati Tropis.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button