Instagram melampaui TikTok sebagai 'penasihat Natal' akhir tahun - WisataHits
Yogyakarta

Instagram melampaui TikTok sebagai ‘penasihat Natal’ akhir tahun

Jakarta, CNNIndonesia

Instagram telah menggantikan TikTok sebagai tempat yang dikunjungi orang untuk mendapatkan rekomendasi perjalanan liburan akhir tahun 2022.

Hal tersebut sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Populix bertajuk “Laporan Rencana Liburan Akhir Tahun 2022” yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 November 2022.

Survei dilakukan secara online melalui aplikasi Populix kepada 1.010 responden pria dan wanita berusia 18-55 tahun di Indonesia.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Dibandingkan tahun lalu, minat masyarakat untuk berlibur tahun ini meningkat signifikan. Setelah dua tahun berjuang melawan pandemi, momentum liburan akhir tahun ini menjadi sangat berharga,” ujar Eileen Kamtawijoyo, co-founder dan COO Populix, dalam keterangan tertulis.

Ternyata 70 persen dari mereka yang disurvei mencari rekomendasi properti wisata terbaru dari keluarga atau teman. Mengikuti rekomendasi dari penduduk setempat, media sosial adalah cara lain untuk menemukan rekomendasi tempat untuk dikunjungi (69 persen).

Dari jumlah tersebut, Instagram menjadi media sosial yang dominan dalam memberikan rekomendasi liburan (87 persen). Berikutnya, YouTube dan TikTok menjadi tempat mencari rekomendasi selanjutnya, dengan persentase masing-masing 69 persen dan 56 persen.

Dalam surveinya, Populix juga menemukan bahwa 96 persen responden lebih memilih menghabiskan momen liburan akhir tahunnya di dalam negeri.

Beberapa kota yang menjadi tujuan wisatawan tersebut adalah Bali (20 persen), Yogyakarta (17 persen), Bandung (15 persen) dan Lombok (13 persen).

Sementara 4 persen lainnya berencana berlibur ke luar negeri, dengan beberapa destinasi favorit antara lain Singapura (36 persen), Thailand (19 persen) dan Arab Saudi (12 persen).

Selain itu, 87 persen responden survei mengatakan memiliki rencana liburan di akhir tahun, dan 69 persen di antaranya berencana menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Sejauh ini, Instagram terus dipandang sebagai TikTok dari segi sejumlah fitur, terutama yang berpusat pada video. Hal ini memicu protes dari pengguna setianya, termasuk Kim Kardashian yang menginginkan IG kembali ke konsep foto.

Instagram sudah mati dengan konsep lama ini standar Netizen memamerkan selfie di tempat-tempat wisata. Karena itulah istilah itu muncul Instagramable.

(lom/arh)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button